Pages

25 May 2014

Mengekang Hawa Nafsu

Mengekang Hawa Nafsu 

Dari manakah datangnya sengketa dan pertengkaran di antara kamu? Bukankah datangnya dari hawa nafsumu yang saling berjuang di dalam tubuhmu? Yakobus 4:1

Renungan Harian - SabdaNya
Saya sering mendengar orang mengeluhkan hidupnya dengan berkata "ah, Tuhan! Menga pa begitu berat permasalahan di hidupku ini?". Ada juga yang berkata "iblis telah menghancukan hidupku dengan masalah kehidupanku yang berat ini. Pernahkah anda mendengarnya? Ataukah anda sendiri sering berkata demikian.

Terkadang saya tak sabar untuk menyanggahnya tetapi saya tahu saya tidak dapat melakukannya tanpa memberi pengertian yang benar. Saudaraku seringkali kita menyalahkan Tuhan ataupun iblis atas suatu permasalahan hidup kita. Padahal Tuhan tidak memberikan permasalahan melainkan jalan keluar. Iblis memang menjadi sumber masalah tetapi tetapi tidak selamanya permasalahan itu datang dari iblis, apalagi dari Tuhan.

Tanpa kita sadari dan harus kita sadari sejak saat ini adalah bahwa permasalahan hidup kita itu terjadi justru karena hawa nafsu kita sendiri. Bukan Tuhab ataupun iblis. Yakobus mengingatkan kita bahwa hawa nafsu kita yang tidak benar itu menjadi menjadi penyebab "sengketa" dan "pertengkaran" di hidup kita.

Maka penting bagi kita untuk menguasai nafsu kita ini dengan tinggal dalam hadirat Tuhan, dipenuhi firman-Nya dan dengan demikian kita akan dibaharui akal budi kita. 2 Petrus 1:4 mengingatkan kita bahwa hanya kuasa ilahi yang dapat meluputkan kita dari nafsu dunia, bukan dengan kekuatan kita.