Pages

29 May 2014

Mengetahui Kehendak Tuhan Dengan Sempurna

Mengetahui Kehendak Tuhan Dengan Sempurna 

Sebab itu sejak waktu kami mendengarnya, kami tiada berhenti-henti berdoa untuk kamu. Kami meminta, supaya kamu menerima segala hikmat dan pengertian yang benar, untuk mengetahui kehendak Tuhan dengan sempurna, sehingga hidupmu layak di hadapan-Nya serta berkenan kepada-Nya dalam segala hal, dan kamu memberi buah dalam segala pekerjaan yang baik dan bertumbuh dalam pengetahuan yang benar tentang Allah, Kolose 1:9-10.

Oleh kasih karunia di dalam Tuhan Yesus Kristus, kita yang tidak layak oleh karena dosa-dosa kita, menjadi layak di hadapan Bapa yang kudus dan mulia. Oleh kasih karunia yang diberika Yesus melalui penebusannya di kayu salib, kita ini dibenarkannya dan bukan karena perbuatan kita. Tetapi hal ini tidak berhenti disini karena selanjutnya dalam perjalanan hidup dan kehidupan rohani kita, kita harus selalu berkenan di hadapan-Nya. Bagaimanakah seorang anak dapat berkenan dan menyenangkan hati bapanya? Bila si anak tahu kehendak bapanya, bila dia mengerti apa yang disukai dan tidak disukai bapanya.

Bagaimanakah kita dapat mengetahui kehendak Tuhan dengan sempurna? Dengan segala kekuatan dan keberadaan kita, sangatlah mustahil bagi kita untuk dapat mengetahui, mengerti dan melakukan kehendak Tuhan dengan sempurna. Dari ayat bacaan hari ini, Paulus mengatakan bahwa dia berdoa agar orang-orang di Kolose itu diberi segala hikmat dan pengertian yang benar untuk mengetahui kehendak Tuhan dengan sempurna. Maka kita dapat mengerti bahwa untuk dapat mengetahui kehendak Tuhan degang sempurna, kita harus memiliki hikmat dan pengertian yang benar dan untuk ini mendapatkanya kita harus berdoa kepada Tuhan yang menjadi sumber segala hikmat dan pengetahuan yang benar itu.

Dengan hikmat dan pengertian yang benar, kita akan dapat mengetahui kehendak Tuhan dengan sempurna dalam hidup kita dan dengan melakukan kehendak Tuhan dengan sempurna, kita menjadi layak di hadapan-Nya serta berkenan kepada-Nya dalam segala hal. Dengan demikian maka hidup kita akan berbuah dan segala pekerjaan kita akan menyenangkan dan memuliakan Tuhan kita.

Bukan hanya yang berseru-seru tetapi yang melakukan kehendak Tuhan yang akan masuk ke dalam sorga. Sudahkah anda melakukan kehendak Tuhan? Bagaimana mungkin anda melakukan kehendak Tuhan bila anda tidak mengetahui kehendak Tuhan itu? Sebab itu…mulailah berdoa…