Pages

27 May 2014

Merobek Jubah Kesombongan

Merobek Jubah Kesombongan

"...Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati." 1 Petrus 5:5

Terjemahan dari King James untuk ayat ini adalah "God resisteth the proud, and giveth grace to the humble." Sejak manusia diciptakan, Allah selalu memakai orang-orang yang rendah hati untuk dipakai dalam kerajaan-Nya. Adam dan Hawa ingin menjadi "serupa dengan Allah" sehingga mereka jatuh ke dalam dosa dan di usir dari hadirat Tuhan (Taman Eden). Musa harus keluar dari kemegahan istana Mesir dan mengalami "didikan" Tuhan sebelum akhirnya dipakai Tuhan untuk membawa umat Tuhan keluar dari perbudakan Mesir. Demikian juga Yusuf, jubah keagungan yang diberikan Yakub harus dirobek-robek terlebih dahulu dan masuk dalam "didikan Tuhan" yang panjang dan sangat mematahkan semangat sebelum akhirnya menjadi penguasa nomor dua di Mesir. Daud sendiri yang tidak bahkan mengatasnamakan Tuhan dan memberikan kemuliaan kepada Tuhan atas kemengannya melawan Goliat, tetap saja harus masuk dalam didikannya Tuhan sebelum akhirnya menjadi Raja Israel yang besar.

Semua orang yang congkak, orang yang memegahkan diri tidak akan pernah dapat dipakai oleh Tuhan. Orang-orang yang congkak, sombong dengan segala kehebatannya tidak akan pernah dapat memuliakan Tuhan sebab mereka akan merasa merekalah yang hebat dan bukan Tuhan. Orang-orang yang congkak, sombong, dan hanya membanggakan dirinya sendiri, harus terlebih dahulu masuk dalam didikannya Tuhan sampai memiliki kerendahan hati. Karena orang-orang yang memiliki kerendahan hati yang diberikan diberikan anugerah, kasih karunia dan kemampuan ilahi untuk melakukan perkara-perkara yang besar. Orang-orang yang rendah hati akan mengetahui bahwa segala yang hebat yang dapat dilakukan adalah hanya karena kasih karunia Tuhan dan dengan demikian akan memberikan kemuliaan bagi Tuhan saja.

Apakah saat ini saudara merasa begitu hebat sehingga saudara berpikir bahwa saudara tidak membutuhkan Tuhan untuk melakukan segala sesuatunya? bila demikian, firman Allah berkata bahwa Allah akan menentang saudara, sebaliknya bila saudara mau memiliki kerendahan hati, maka anugerah Allah akan melimpah atas hidup saudara sehingga Allah membawa hidup saudara semakin naik dan semakin naik. Artinya Tuhan akan dapat memakai hidup saudara untuk melakukan perkara-perkara yang lebih besar dari yang saudara dapat lakukan karena anugerah Tuhan melimpah atas saudara.

Jangan pernah berharap Tuhan akan memakai hidup saudara bila hati saudara masih dikuasai kesombongan, keangkuhan dan kebanggaan atas diri sendiri dan bukan karena Tuhan