Pages

23 May 2014

Percaya di dalam Tuhan Yesus

Percaya di dalam Tuhan Yesus 

Engkau percaya, bahwa hanya ada satu Allah saja? Itu baik! Tetapi setan-setanpun juga percaya akan hal itu dan mereka gemetar. Yakobus 2:19

Yoh 3:16 mengatakan bahwa setiap orang yang percaya tidak akan binasa melainkan beroleh hidup yang kekal. Di dalam Amplified Bible, kata percaya menggunakan kata "believe" dengan diberikan penjelasan bahwa believe itu berarti trust in, clings to, dan relies on. Dengan demikian kita dapat melihat dengan jelas maksud Yoh 3:16 bahwa orang yang percaya yang dimaksud bukanlah sekedar percaya bahwa Yesus itu adalah Anak Allah, adalah Tuhan yang menyelamatkan. karena bila memang demikian maka seharusnya setan-setanpun akan diselamatkan karena ternayta para setan itu juga percaya bahwa Yesus itu adalah Tuhan dan Allah itu satu saja yang menyelamatkan.

Bila kita hanya menjadi percaya bahwa Yesus itu adalah Tuhan tetapi selanjut hidup kita tidak trust in, tidak cling to dan tidak relies on Jesus maka sesungguhnya kita tidak ada bedanya dengan setan-setan yang berarti kita sesungguhnya tidak akan dapat menerima keselamatan itu. Banyak orang yang percaya bahwa Yesus itu Tuhan tetapi kenyataan hidupnya jauh dari ciri-ciri sebagai orang percaya. Baru ada masalah sedikit saja sudah tidak mengandalankan (relies on) Tuhan. Mencari solusi kepada dukun-dukun, melihat nasib melalui peramalan bintang, mencari rumah berdasarkan ilmu tertentu dan sebagainya. Ini bukanlah orang-orang yang percaya yang trust in, clings to, dan relies on Jesus. Orang percaya berarti bergantung (clings to) sepenuhnya kepada Tuhan dan tidak melihat sumber lain sebagai solusi hidupnya.

Maka orang yang percaya yang akan menerima keselamatan di dalam Yesus kristus adalah orang-orang yang trust in, clings to, dan relies on Jesus Christ di dalam seluruh aspek kehidupannya. Trust in berarti mempercayai Tuhan yang berkuasa atas hidupnya dan membiarkan Tuhan yang mengatur seluruh hidupnya. clings to berati sepenuhnya bergantung kepada Tuhan saja tidak memikirkan kuasa lain yang bekerja atas hidupnya. dan relies on berarti sepenuhnya mengandalkan Tuhan atas segala jalan kehidupannya.

Percaya itu berarti mempercayai, bergantung dan mengandalkan Tuhan sepenuhnya.