Pages

19 May 2014

Segalanya untuk kebaikan

Segalanya untuk kebaikan

“Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. Roma 8:28 “

Dalam segala sesuatu” dalam ayat ini memang bermakna “Dalam segala sesuatu” dan tidak ada tafsiran lain yang diperlukan. Secara harfiah memang itulah maknanya; baik dan buruk adalah segala sesuatu itu. Promosi, berkat melimpah, kesehatan, dan segala yang baik memang datang dari Tuhan. Namun segala kecelakaan, penyakit, hubungan yang rusak ataupun perceraian bukanlah dari Tuhan. Dia Bapa yang baik hanya memberi yang baik. Dia Bapa yang sempurna hanya memberi yang sempurna. Selain dari pada itu berasal dari si iblis atau karena memang natur bumi ini yang sudah rusak karena dosa. Bisa juga terjadi karena kesalahan kita sendiri.

Bagi orang yang tidak mengasihi Tuhan, ketika hal yang buruk terjadi dalam hidupnya maka hal yang buruk itu akan tetap menjadi hal yang buruk dalam hidupnya. Tetapi bagi orang yang mengasihi Dia, hal yang buruk itu tetap saja dapat diubah Tuhan untuk mendatangkan kebaikan dalam hidup kita. Bila si jahat melemparkan jeruk dalam hidup kita, maka Tuhan dapat menjadikannya jus jeruk. Bila kita kehilangan pekerjaan kita, Tuhan bisa sja memberikan kita sebuah pekerjaan yang jauh lebih baik bahkan gaji yang lebih besar. Karena Allah turut bekerja untuk mendatangkan kebaikan atas segala sesuatu. Apapun hal jahat yang dilemparkan si iblis dalam hidup kita, Tuhan tetap dapat menjadikannya kebaikan dalam hidup kita.

Allah turut bekerja atas segala yang jahat dalam hidup kita untuk mendatangkan kebaikan bukan karena segala perbuatan kita tetapi hanya karena kasih dan anugerah-Nya. Sebab itu jangan biarkan iblis menguasai pikiran kita yang berkata bahwa kita tidak mungkin diberkati atau tidak mungkin yang jahat berubah menjadi kebaikan karena kita tidak layak menerimanya. Kita memang tidak layak tetapi kita dilayakkan karena kasih dan anugerah-Nya. Dia pasti menjadikan segala yang jahat, segala yang buruk menjadi kebaikan bagi kita.

BAPA YANG SEMPURNA, MEMBERI YANG SEMPURNA. BAPA YANG JAHAT, HANYA MEMBERI YANG JAHAT