Pages

14 May 2014

Tak Tergoncangkan Oleh Keadaan

Tak Tergoncangkan Oleh Keadaan

Keduanya adalah benar di hadapan Allah dan hidup menurut segala perintah dan ketetapan Tuhan dengan tidak bercacat. Tetapi mereka tidak mempunyai anak, sebab Elisabet mandul dan keduanya telah lanjut umurnya. Lukas 1:6-7

Apakah yang paling diharapkan sepasang pengantin untuk hadir dalam hidup mereka? Tentulah kehadiran seorang anak menjadi berkat yang paling diharapkan. Terlepas dari keluarga yang menunda kehadiran seorang anak, tak dapat dipungkiri bahwa kehadiran seorang anak pastilah sangat diharapkan pada waktunya. Ada keluarga yang tetap menjadi satu ketika seorang anak tidak juga hadir tetapi banyak juga yang akhirnya berujung pada perceraian.

Sebagai seorang percaya, pastilah memiliki pengharapan bahwa apa yang diharapkan dalam hidupnya pastilah tercapai. Tidak hanya dalam hal kelahiran seorang anak, seluruh hidupnya pasti diharapkan bak-baik saja tanpa ada masalah yang berarti. Faktanya tidaklah demikian! Zakharia dan isterinya Elisabet hidup benar dihadapan Tuhan. Mereka hidup dengan ketaatan dan tanpa cacat, tetapi hidup mereka tidak berarti mulus-mulus saja. Mereka tidak dikaruniai anak bahkan sampai mereka menjadi tua.

Apakah mereka berhenti mengasihi Tuhan? Apakah mereka mengeluh kepada Tuhan bahwa hidup mereka benar dihadapan Tuhan tetapi mengapa seorang anak tidak juga diberikan? Tidak. Itu tidak mereka lakukan, mereka tetap percaya kepada Tuhan sekalipun apa yang mereka harapkan tidak terjadi. Mereka tak tergoncangkan oleh keadaan mereka karena mereka tetap menjaga hidup mereka benar tanpa cacat walau telah menjadi tua isterinya tetap mandul. Pada waktunya Tuhan, mereka akhirnya memiliki anak yaitu Yohanes pembaptis tetapi perhatikanlah dengan baik bahwa mereka tetap hidup benar tanpa cacat di hadapan Tuhan walau apa yang mereka harapkan tidak dijawab.

Hidup kita yang benar dan tanpa cacat di hadapan Tuhan tidak berarti hidup kita akan tanpa masalah. Masalah boleh datang bergulung-gulung tetapi kasih kepada Tuhan janganlah sampai tergoncangkan.