Pages

11 May 2014

Tidak Ada Hukuman Atas Dosamu

Tidak Ada Hukuman Atas Dosamu

Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya, Efesus 1:7

Dan Aku tidak lagi mengingat dosa-dosa dan kesalahan mereka Sebuah kabar gembira hari ini kita terima bahwa oleh Darah-Nya kita beroleh penebusan yaitu pengampunan dosa. Pengampunan dosa yang kita terima adalah sempurna dan oleh karena itu kita tidak mengalami hukuman atau upah atas dosa dan kesalahan kita.

Mungkin selama ini kita berpikir bahwa walaupun Tuhan telah mengampuni kita, Tuhan masih akan menghukum kita atas segala dosa kita. Misalnya saja ketika kita menikah dan kemudian kita belum dikarunia anak, maka mungkin kita berpikir dan percaya bahwa hal ini terjadi sebagai hukuman Tuhan atas dosa kita yang telah melakukan hubungan sex sebelum menerima pemberkatan.

Tentu saja hubungan sex sebelum menikah tidaklah dapat dibenarkan, namun bukan berarti oleh karena dosa kita itu maka Tuhan yang sudah mengampuni kita menghukum kita atas dosa itu dengan tidak diberikan anak—mungkin untuk selamanya atau beberapa tahun lamanya.

Darah binatang yang digunakan di perjanjian lama hanyalah dapat menutupi dosa dan bukan untuk menghapus dosa. Darah Yesus tidaklah sama dengan darah binatang, darah-Nya berkuasa mengampuni dan menyucikan kita dari segala dosa kita. Dan firman-Nya berkata bahwa Dia tidak lagi mengingat dosa kita (Ibrani 10:17 “dan Aku tidak lagi mengingat dosa-dosa dan kesalahan mereka”). Jadi bila Dia tidak mengingat lagi dosa-dosa dan kesalahan kita, bagaimana mungkin Dia akan menghukum kita atas dosa dan kesalahan kita.

Bapa sudah memandang cukup atas korban yang diberikan Yesus bagi kita, tidak ada lagi yang dapat ditambahkan untuk membuat kita menjadi lebih benar atau lebih suci. Darah Yesus sudah cukup dan sempurna sehingga tidak diperlukan hukuman untuk seolah-olah membuatnya lengkap.

Kita adalah orang-orang yang sudah ditebus dan dibenarkannya, dosa kita sudah dilupakannya sehingga tidak mungkin kita menerima hukuman atas dosa dan kesalahan kita lagi. 

Pdp. Maner Riyanto, S.Pd. | Migdal Eder Ministry