Pages

10 May 2014

Tiga Keinginan Mematikan

Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya yang bersama-sama dengan dia, dan suaminyapun memakannya. [Kejadian 3:6]

Dalam hidup kita, kita pasti memiliki banyak keinginan. Tak perduli apakah yang kita inginkan itu benar-benar kita butuhkan atau hanya sekedar mengingininya saja. Saya masih ingat ketika saya masih kecil, waktu saya masih duduk dibangku sekolah dasar. Waktu itu, bermain sepeda BMX sangat populer tetapi jangankan sepeda BMX, sepeda apapun saya tidak punya dan saya begitu menginginkannya. Pada waktu itu keuangan kami memang tidak memungkin untuk membeli sepeda BMX. Tidak ada yang salah dengan keinginan itu, itu adalah keinginan yang wajar bagi anak-anak yang memang suka bermain bersama teman-temannya--dalam hal ini, bersepeda bersama. Tetapi apa yang menjadi keinginan hawa adalah keinginan yang mematikan sepanjang sejarah kehidupan manusia. Keinginannya membawa maut bagi seluru umat manusia dan jika bukan Tuhan Yesus sendiri yang turun menjadi manusia untuk "membereskan" maut yang dibuat oleh keinginan hawa itu maka tidak ada jalan keluar apapun bagi manusia.

Perintah Tuhan adalah jelas bahwa buah pohon itu tidak boleh dimakan. Tetapi Hawa menuruti keinginannya daripada mentaati perintah Tuhan. Ketika Hawa "...melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan...." Hawa tidak dapat menolak KEINGINAN MATAnya. Dia lebih memilih memuaskan keinginan matanya daripada perintah Tuhan. Kemudian "...dan sedap kelihatannya..." Disini Hawa tidak dapat menolak KENINGINAN DAGINGnya. Dan keinginan ketiga yang membawa maut adalah "...pohon itu menarik hati karena memberi pengertian..." KEINGINAN KEANGKUHAN HIDUP/MENJADA SAMA DENGAN ALLAH. Tiga keinginan ini: Keinginan mata [biasanya dimulai dari sini], keinginan daging dan keangkuhan hidup, membawa maut bagi dirinya dan bagi seluruh umat manusia.

Apa yang kita harus lakukan sekarang? Kita harus belajar bahwa kita harus bisa mengendalikan diri terhadap keinginan berdosa yang dalam diri kita yang terus diprovokasi iblis untuk kita lakukan. 1 Yohanes 2:16 menuliskan: Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia. Dan dalam Roma 8:6-7 memberi jawaban atas keinginan berdosa ini: Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera. Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya.

SEGALA KEINGINAN YANG TIDAK SESUAI DENGAN KEHENDAK ALLAH AKAN MENDATANGKAN MAUT, TETAPI KEINGINAN YANG SESUAI DENGAN KEHENDAK ALLAH AKAN MEMULIAKAN DIA.