Pages

09 May 2014

Tuhan Beri Keberhasilan

Tuhan Beri Keberhasilan 

Dan kepala penjara tidak mencampuri segala yang dipercayakannya kepada Yusuf, karena TUHAN menyertai dia dan apa yang dikerjakannya dibuat TUHAN berhasil.(Kej 39:23).

Dari bacaan Firman Tuhan pada pada hari ini minimal ada 4 kebenaran yang perlu kita renungkan bersama : Pertama, Keberhasilan itu mutlak dari Tuhan. Perhatikan Firman diatas bahwa apa yang dikerjakan oleh Yusuf dibuat Tuhan berhasil. Karena itu kita tidak boleh mengandalkan kemampuan dan kekuatan kita semata-mata tetapi harus mengandalkan Tuhan. Kita harus tahu bahwa Tuhan berdaulat penuh atas hidup manusia, sebab itu orang percaya tidak dapat berbuat apa-apa tanpa campur tangan Tuhan.(bandingkan Yeremia 17:5-8).

Kedua, Kita harus bekerja keras untuk meraih keberhasilan tersebut. Yusuf bukan seorang yang malas tetapi Yusuf adalah seorang muda yang rajin bekerja karena itu semua urusan pekerjaan dipercayakan kepadanya oleh kepala penjara. Perhatikan Firmat Tuhan di Amsal 10:4 yang mengatakan bahwa tangan yng lamban membuat miskin tetapi tangan orang rajin menjadikan kaya. Kuncinya kita harus rajin dan jangan malas.

Ketiga, Kita harus hidup sesuai dengan ketetapan Tuhan. Maksudnya adalah bahwa Tuhan akan memberi upah atau memberkati orang-orang yang hidup sesuai dengan FirmanNya. Yusuf diberkati karena ia hidup sesuai dengan perintah Tuhan atau hukum-hukum Tuhan. Dia tetap takut akan Tuhan. ( Bandingkan juga dengan Yesayan 61:8).

Keempat, Kita harus belajar sabar. Kenapa? Karena waktu Tuhanlah yang menentukan kapan keberhasilan itu akan tiba dalam kehidupan orang percaya. Perhatikan Firman Tuhan di Pengkotbah 3:1 "Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya". Karena itu kita harus belajar sabar, didalam belajar sabar itu Tuhan sedang memproses kita untuk pada akhirnya akan sanggup menerima berkat yang Ia telah sediakan. Selamat berjuang.

Pdp. Maner Riyanto, S.Pd. | Migdal Eder Ministry