Pages

01 May 2014

Waspadai guru-guru palsu

Waspadai guru-guru palsu

Sebagaimana nabi-nabi palsu dahulu tampil di tengah-tengah umat Allah, demikian pula di antara kamu akan ada guru-guru palsu. Mereka akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka. 2 Pet 2:1

Sejak SMP saya diubah Tuhan menjadi seorang yang suka sekali belajar. Sehingga dulu prestasi saya di SD berubah drastis menjadi juara kelas. Bahkan sampai masa kuliah, kesukaan untuk belajar itu tidak berubah sehingga saya lulus sebagai lulusan terbaik. Setelah mengenal Tuhan sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi, kesukaan untuk belajar membantu untuk meneliti kitab suci dan literatur-literatur rohani. Semakin saya menganalisa satu demi satu, bukannya saya semakin mengerti tetapi saya justru semakin bingung. Satu ajaran mengatakan A sementara ajaran lain mengatakan B terhadap satu pokok yang sama.

2 Pet 2:1 memberikan jawaban terhadap apa yang saya alami dan pasti anda alami juga. Merekalah para guru-guru palsu di akhir zaman ini yang membelokkan ajaran kebenaran menuju kesesatan. Saya tidak bisa memberikan daftar ajaran yang palsu dari mereka tetapi kita bisa mendeteksi ajaran palsu mereka. Petrus mengajarkan bahwa mereka itu akan memasukkan pengajaran-pengajaran sesat yang membinasakan, bahkan mereka akan menyangkal Penguasa yang telah menebus mereka dan dengan jalan demikian segera mendatangkan kebinasaan atas diri mereka. Maka setiap ajaran yang menyangkal atau membiaskan keTuhanan Yesus Kristus yang adalah Tuhan dan Juruselamat sejati adalah ajaran palsu yang menyesatkan. Tentu masih ada banyak ajaran palsu yang menyesatkan umat Tuhan tetapi satu poin ini adalah poin pokok yang tidak boleh salah.

Apakah ajaran yang anda terima adalah bersumber dari Yesus Kristus? Apakah ajaran yang anda ajarkan bersumber dan demi kemuliaan Yesus Kristus? Bila TIDAK, itu adalah SESAT.

Pdp. Maner Riyanto, S.Pd. | Migdal Eder Ministry