Pages

13 November 2014

Kepada-Nya Kita Bertanggung Jawab

Kepada-Nya Kita Bertanggung Jawab Hamba

yang menerima lima talenta itu datang dan ia membawa laba lima talenta, katanya: Tuan, lima talenta tuan percayakan kepadaku; lihat, aku telah beroleh laba lima talenta. [Matius 25:20]

Seorang yang memiliki banyak keahlian atau talenta memiliki banyak alasan untuk bersukacita dalam hidupnya. Dia bisa saja menjadi orang yang penting atau melakukan perkara-perkara hebat. Jika saya ditanya, maka music adalah salah satu hal yang sulit untuk saya mengerti. Tak terhitung berapa banyak gitar yang saya beli agar saya bisa memainkannya dengan baik, tetapi sampai hari ini pun saya masih belum bisa menguasainya.

Mengapa bisa ada orang yang mampu melakukan banyak hal sementara ada orang yang hanya memilki sedikit kemampuan atau talenta? Dalam Matius 25:14-30, memang ada orang yang diberikan banyak dan ada juga yang diberikan sedikit. Namun sesungguhnya tidak ada perbedaan akan siapa yang lebih dikasihi oleh Tuhan. Baik yang memiliki satu, dua atau lima talenta, semua dikasihi oleh Tuhan dengan kasih yang sama.

Atas semua talenta itu, kita harus menyadari bahwa semuanya itu diberikan bukanlah untuk kepentingan diri sendiri, kemegahan diri sendiri atau kebanggaan diri sendiri. Pada akhirnya, semua orang yang diberi talenta itu akan mempertanggungjawabkan semuanya dihadapan Dia yang maha kuasa yaitu sang pemberi talenta itu. Satu, dua atau lima talenta, pada akhirnya harus menunjukkan kepada Tuhan apa yang telah dilakukan atas semua talenta yang diberikan Tuhan. Tidak ada bagian dalam pasal ini yang menunjukkan bahwa kita akan bermegah dihadadapan manusia atas segala karya hebat yang kita lakukan. Tidak pernah ada alasan atau ruang bagi kita untuk membanggakannya dihadapan manusia karena Tuhanlah yang akan datang dan menanyakan apa yang telah kita lakukan dengan segala talenta yang Tuhan berikan.

Apakah anda adalah seorang yang multi talenta? Atau mungkin hanya dengan sedikit talenta? Tuhan tetap mengasihi anda, tetapi ini saja yang penting bahwa suatu saat nanti sang pemberi talenta akan datang untuk meminta pertanggungjawabanmu atas segala talenta yang telah diberikan-Nya dan bukan kepada manusia. Sebab itu, berbuahlah!!!

YAN MEMILIKI SATU TALENTA TIDAKLAH LEBIH HEBAT DARI YANG MEMILKI LIMA TALENTA, YANG TERUTAMA ADALAH DAPAT MEMPERTANGGUNGJAWABKAN SEMUA TALENTA YANG TELAH DIBERIKAN