Pages

21 December 2014

Christmas atau Xmas

Christmas atau Xmas



Dalam bahasa Inggris Selamat Hari Natal adalah Merry Christmas dimana mas itu berarti perayaan dan Christ adalah Kristus. Ini berarti Christmas adalah perayaan untuk Kristus. Namun, kita juga sering menjumpai tulisan Merry Xmas. Yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah apakah Merry Christmas dan Merry Xmas itu memiliki arti yang sama atau berbeda?

Dalam bahasa Inggris, X bisa memiliki banyak arti. Misalnya saja bila kita ingin menyumbangkan sejumlah uang yang kita tidak disebutkan jumlahnya kita memberikan tanda X. X juga sering dipakai untuk kategori film "X-rated." Dengan demikian, kita bisa saja mendefinisikan bahwa Xmas adalah perayaan untuk seseorang yang tidak diketahui/tidak jelas/tidak pasti keberadaannya. Bila ini yang menjadi penafsirannya, maka kita harus menolak penggunaan Xmas dan harus kembali memakai Christmas.

Bila kita melihat Xmas dalam konteks Bahasa Inggris, maka kita memang harus menolak Xmas dan hanya menerima Christmas. Namun sesungguhnya, Xmas ini berhubungan dengan huruf Yunani yaitu huruf pertama untuk nama Kristus. Christos adalah nama Kristus dalam bahasa Yunani perjanjian baru. Huruf pertama Yunani untuk Christos bila disejajarkan dengan alphabet adalah X. Sehingga X disini menjadi simbol singkatan untuk nama Kristus.

Pemikiran untuk menggunakan X sebagai singkatan untuk nama Kristus tidak pernah dimaksudkan untuk tidak menghormati Kristus. Seperti halnya dengan penyimbolan nama Yesus Kristus, Anak Allah, Juruselamt." Orang Kristen mula-mula mengambil huruf pertama dari semua kata-kata itu dan menggabungkannya menjadi ejaan kata Yunani "ikan." Dalam bahasa Yunani Ikan adalah ICHTHUS. Itulah sebabnya ikan juga menjadi simbol kekristenan.