Pages

10 December 2014

Inilah silsilah Yesus Kristus

Matius 1: 1-17
“ Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham”.

Guys, biasanya kita akan bosan membaca perikop Alkitab yang berisi tentang silsilah, serasa tidak ada yang dapat kita pelajari dari bagian-bagian itu. Namun kali ini mari kita lihat lebih teliti lagi perikop ini, karena ternyata ada beberapa hal menarik yang menyangkut silsilah Yesus Kristus.

Pertama, Tuhan Allah memakai 42 orang yang berada dalam satu garis keturunan dan beberapa nama lain yang diluar dari garis keturunan itu untuk menjadi alat bagi Tuhan untuk menghadirkan Yesus Kristus ke dalam dunia ini. Tuhan Allah memilih mereka dari berbagai latar belakang kehidupan mereka.

Kedua, ada lima orang perempuan yang disebutkan dalam silsilah ini. Dalam tradisi Yahudi (Israel), biasanya hak perempuan tidak diperhitungkan dan dalam penulisan silsilah nama perempuan tidak pernah dituliskan. Kelima perempuan itu adalah Tamar, Rahab, Rut, Batsyeba (istri Uria) dan Maria. Kelima perempuan inipun memiliki latar belakang kehidupan yang berbeda-beda bahkan ada yang memiliki latar belakang tidak baik dan tidak dianggap dalam masyarakatnya. Namun Tuhan juga melayakkan mereka, memakai mereka untuk melaksanakan rencana agung-Nya.

So Guys, dari silsilah ini kita belajar bahwa dalam anugrah-Nya yang besar, Tuhan dapat memakai siapa saja untuk menjadi alat bagi-Nya dalam melakukan rencana-Nya di dalam dunia ini, termasuk kamu.

Dalam masa-masa kita mempersiapkan diri untuk menyambut perayaan Natal ini, kita diingatkan kembali tentang kasih Allah yang besar bahwa Dia telah memilih kita untuk menjadi alat terangnya di dunia ini untuk menyaksikan tentang Tuhan lewat kesaksian hidup kita (perkataan, tingkah laku, dll) kepada semua orang baik kepada keluarga kita, teman-teman satu sekolah dengan kita, dan di manapun kita berada.

Guys, pertanyaan yang menjadi refleksi kita adalah apakah kita sudah melakukan tugas panggilan itu? Jika belum, maka gunakan momen ini untuk kembali mulai melaksanakan tugas itu. Selamat bertugas ya!