Pages

13 January 2015

Bertumbuh dalam kasih karunia

Bertumbuh dalam kasih karunia

Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya. 2 Pet 3:18

Sebagai seorang bapa, saya ingin segera melihat anak saya mandiri. Saya telah mengajarkannya agar tidak pipis dicelana atau buan air dicelana tetapi langsung ke kamar mandi. Hasilnya saya selalu kecewa karena walau dengan nada sedikit marah anak saya tetap saja pipis dan buang air dicelana.

Sebagai seorang guru kelas 7, saya juga mengajarkan berbagai prosedur yang benar selama kegiatan pembelajaran tetapi bahkan sampai akhir tahun pelajaran saya selalu kecewa dengan harapan saya.

Saudara-saudara, 2 Petrus 3:18 mengajarkan kepada kita bahwa setiap orang itu dapat bertumbuh hanya dalam kasih karunia. Perubahan seseorang itu bukanlah karena sekedar niat dan kemampuannya untuk merubah dirinya namun kasih karunia Tuhan yang bekerja atas diri orang itu. Manusia yang cendrung berbuat salah tidak mampu membuat dirinya melakukan yang benar dari dirinya sendiri melainkan hanya oleh kasih karunia Allah saja seseorang mampu melakukan yang benar.

Saya ingat betapa orang tua saya begitu keras meminta saya untuk belajar dan jangan banyak bermain tetapi nyatanya saya tidak pernah berhasil. Tetapi kasih karunia Allah memenuhi hidup saya, orang tua saya tidak pernah menyuruh saya belajar karena dengan sendirinya saya giat belajar.

Demikianlah kasih karunia Allah bekerja dalam diri kita sehingga semakin hari kita semakin bertumbuh dalam seluruh aspek kehidupan kita dan dalam pengenalan kita akan Kristus sehingga akhirnya kita menjadi serupa dengan Kristus untuk memasuki langit dan bumi yang baru itu (2 Pet 3:13)

Bukan karena kuat dan gagah kita tetapi oleh karena kasih karunia, Roh Kudus mengerjakan perbuatan-perbuatan yang baik dalam kita.