Pages

01 January 2015

Menerobos di Tahun 2015

Menerobos di Tahun 2015


Hernán Cortés, seorang tokoh yang dapat menjadi inspirasi bagi kita sehingga kita dapat mengalami perkara-perkara mustahil dalam hidup kita. Hernando atau Fernando Cortés adalah penakluk yang menaklukkan Meksiko bagi Spanyol. Apa istimewanya seorang Hernán Cortés?

Selain Hernán Cortés, tentu ada cukup banyak penakluk lain yang dapat menjadi inspirasi kita. Bagaimana mereka menaklukan sebuah bangsa bisa member kita contoh atau membangkitkan semangat bagi kita untuk melakukan sesuatu yang besar. Bukan berarti saya setuju dengan penaklukkan bangsa-bangsa yang dilakukan, tetapi bagaimana caranya menaklukkan dan kisah suksesnya itu yang pasti akan menjadi inspirasi bagi kita.

Sebelum Hernán Cortés, sudah ada beberapa penakluk lain yang coba untuk menaklukkan Mexico tetapi mereka gagal. Hernán Cortés muncul sebagai penakluk yang berhasil menguasai Mexico. Dengan hanya sekitar 600 tentara, Hernán Cortés berhasil menaklukkan Mexico. Sesuatu hal yang sangat mustahil terjadi, tetapi itu adalah fakta sejarah yang benar-benar terjadi.

Bagaimana mungkin hal itu bisa terjadi? Ketika mendarat di Mexico, Hernán Cortés melakukan sesuatu yang tidak pernah dipikirkan oleh siapapun. Hernán Cortés membakar dan menenggalkan kapal mereka. Dengan demikian, mereka tidak punya pilihan untuk mundur dan kembali ke Spanyol. Hernán Cortés melihat kapal yang mereka pakai untuk datang akan menjadi penentu kegagalan mereka karena sangat mungkin para tentaranya berpikir untuk mundur dan kembali ke Spanyol mengingat jumlah mereka yang hanya 600 orang.
Inilah titik keberhasilan seorang Hernán Cortés. Dia membuang kemungkinan pilihan untuk mundur dan kemabali ke Spanyol. Para tentaranya pun tidak punya pilihan selain bertempur mati-matian untuk menaklukkan Mexico dan mereka benar-benar berhasil menaklukkannya.

Inspirasi apa yang bisa kita dapatkan dari kisah yang hebat ini?

Pertama, walaupun orang lain telah melakukan sesuatu dan ternyata mereka gagal, itu bukan berarti kita tidak dapat melakukan dan bukan berarti kita juga akan gagal seperti yang sebelumnya. Penaklukan Meksiko yang sebelumnya gagal total, tetapi tidak mempengaruhi Hernán Cortés untuk menaklukkan Meksiko.

Kedua, sering kali kita berpikir jumlah yang cukup, fasilitas yang memadai, kemampuan dan sebagainya yang akan menentukan keberhasilan kita tetapi Hernán Cortés membuktikan hanya dengan sekitar 600 orang, dia menaklukkan Meksiko.

Ketiga, yang membuat kita gagal seringkali bukanlah karena fasilitas, talenta atau bahkan kesempatan. Yang membuat kita gagal sering kali adalah karena kita menyerah, mundur dan tanpa semangat untuk mengejar dan menyelesaikan mimpi kita. Hernán Cortés membuang pilihan untuk mundur dengan membakar dan menenggelamkan kapal mereka. Ini membuat para tentara tidak punya pilihan mundur selain maju. Jadi tetap maju dan kejar mimpimu.

TANTANGAN PASTI ADA, HAMBATAN BISA JADI MENGHADANG, TETAPI MUNDUR BERARTI MENGHANCURKAN MIMPI ANDA