04 February 2016

Ketekunan

Ketekunan 

Biasanya, ketika kita berpikir tentang ketekunan kita berpikir tentang etos kerja yang baik. Seharusnya ketekunan tidak hanya dipakai di tempat kerja. Tapi di seluruh area dalam hidup kita. Ketekunanmu dalam beriman akan menuju ke pertumbuhan rohani, lebih mengasihi orang lain, lebih mengasihi Kristus, serta lebih mengerti injil dan kasih Tuhan. Dimana ketekunan bukanlah menunda atau bermalas-malasan. Janganlah pernah kendur ketika melakukan kehendak Tuhan.

Orang yang tekun akan selalu meraih tujuannya. Di tempat kerja ketekunan akan dihargai, sedangkan pemalas tidak. Mereka yang bertekun dalam mencari Allah akan dihadiahi dengan banyak hal seperti kehadiran besar Tuhan di dalam hidupnya.

Secara rohani orang malas tidak akan bisa maju. Orang Kristen telah diselamatkan sendiri dengan beriman kepada Kristus. Iman yang benar dalam Kristus akan mengubahmu. Bukan hanya dirimu saja. Tetapi Tuhan yang bekerja di dalam kamu. Tuhan akan menolongmu.

Bertekunlah dalam doa-doa, ketika khotbah, belajar, taat akan Tuhan, penginjilan, dan ketika melakukan tugas yang Tuhan berikan untukmu. Biarlah kamu mempersemahkan ke Tuhan motivasi dan ketekunanmu bertambah hari ini.

Kutipan 

• “Marilah bertekun dalam memberi, berhati-hatilah dalam hidup, dan berimanlah dalam berdoa.” Jack Hyles

• “Saya takut bila sekolah akan membuktikan kejahatannya, kecuali kalau mereka bertekun bekerja untuk menjelaskan kitab injil dan ukirannya di hati para kalangan muda.” Martin Luther

• “Apakah kamu masih bertekun untuk hidup dan menyembah Tuhan, bahkan dihari-hari kemarin ini? Sekarang bukanlah waktu untuk santai, tapi terus maju dan hidup untuk Tuhan.” Paul Chappell 

Apa yang Alkitab katakan? 


1. 2 Petrus 1:5 Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan;

2. Amsal 4:23 Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

3. Roma 12:11 Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan.

 4. 2 Timotius 2:15 Usahakanlah supaya engkau layak di hadapan Allah sebagai seorang pekerja yang tidak usah malu, yang berterus terang memberitakan perkataan kebenaran itu.

5. Ibrani 6:11 Tetapi kami ingin, supaya kamu masing-masing menunjukkan kesungguhan yang sama untuk menjadikan pengharapanmu suatu milik yang pasti, sampai pada akhirnya,

Ketekunan saat bekerja.

6. Pengkotbah 9:10 Segala sesuatu yang dijumpai tanganmu untuk dikerjakan, kerjakanlah itu sekuat tenaga, karena tak ada pekerjaan, pertimbangan, pengetahuan dan hikmat dalam dunia orang mati, ke mana engkau akan pergi.

7. Amsal 12:24 Tangan orang rajin memegang kekuasaan, tetapi kemalasan mengakibatkan kerja paksa.

8. Amsal 13:4 Hati si pemalas penuh keinginan, tetapi sia-sia, sedangkan hati orang rajin diberi kelimpahan.

9. Amsal 10:4 Tangan yang lamban membuat miskin, tetapi tangan orang rajin menjadikan kaya.

10. Amsal 12:27 Orang malas tidak akan menangkap buruannya, tetapi orang rajin akan memperoleh harta yang berharga.

11. Amsal 21:5 Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan. Ketekunan mencari Tuhan saat berdoa.

12. Amsal 8:17 Aku mengasihi orang yang mengasihi aku, dan orang yang tekun mencari aku akan mendapatkan daku.

13. Ibrani 11:6 Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.

14. Ulangan 4:29 Dan baru di sana engkau mencari TUHAN, Allahmu, dan menemukan-Nya, asal engkau menanyakan Dia dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu.

15. 1 Tesalonika 5:16-18 Bersukacitalah senantiasa. Tetaplah berdoa. Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

16. Lukas 18:1 Yesus mengatakan suatu perumpamaan kepada mereka untuk menegaskan, bahwa mereka harus selalu berdoa dengan tidak jemu-jemu. Belajar dan mengikuti perintah Tuhan.

17. Yosua 1:8 Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.

18. Ulangan 6:17 Haruslah kamu berpegang pada perintah, peringatan dan ketetapan TUHAN, Allahmu, yang diperintahkan-Nya kepadamu;

19. Mazmur 119:4-7 Engkau sendiri telah menyampaikan titah-titah-Mu, supaya dipegang dengan sungguh-sungguh. Sekiranya hidupku tentu untuk berpegang pada ketetapan-Mu! Maka aku tidak akan mendapat malu, apabila aku mengamat-amati segala perintah-Mu. Aku akan bersyukur kepada-Mu dengan hati jujur, apabila aku belajar hukum-hukum-Mu yang adil. Bekerja untuk Tuhan

20. 1 Korintus 15:58 Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.

21. Kolose 3:23 Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

22. Amsal 16:3 Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu. 

Pengingat 

23. Lukas 13:24 Jawab Yesus kepada orang-orang di situ: "Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu! Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat.

24. Galatia 6:9 Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.

25. 2 Petrus 3:14 Sebab itu, saudara-saudaraku yang kekasih, sambil menantikan semuanya ini, kamu harus berusaha, supaya kamu kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan-Nya, dalam perdamaian dengan Dia.

26. Amsal 11:27 Siapa mengejar kebaikan, berusaha untuk dikenan orang, tetapi siapa mengejar kejahatan akan ditimpa kejahatan.