Pages

25 March 2016

Ujian Tuhan atas Kepercayaan Abraham

Ujian Tuhan atas Kepercayaan Abraham

Abraham mendapatkan ujian Tuhan apakah Abraham percaya bahwa ia akan menjadi bapa bagi bangsa-bangsa dan olehnya seluruh kaum mendapatkan berkat. Ujian yang di alami begitu berat karena sepertinya ujian itu meruntuhkan apa yang dijanjikan.

Kejadian 22:2 (TB)  Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu."

Dijanjikan menjadi bapa bagi banyak bangsa tetapi justru anak yang telah dijanjikan itu harus dikorbankan.

Bagaimana Abraham meresponinya?
1. Ia tidak menunda, tetapi keesokan harinya ia melaksanakan perintah Tuhan itu (just do it)

Kejadian 22:3 (TB)  Keesokan harinya pagi-pagi bangunlah Abraham, ia memasang pelana keledainya dan memanggil dua orang bujangnya beserta Ishak, anaknya; ia membelah juga kayu untuk korban bakaran itu, lalu berangkatlah ia dan pergi ke tempat yang dikatakan Allah kepadanya.

2. Perkataannya adalah perkataan iman. Kepada bujangnya ia berkata KAMI akan kembali. Perkataan iman/profetis, bahwa ia tidak akan kembali sendirian, ia percaya bahwa ia dan anaknya akan tetap kembali. (Speak Faith)

Kejadian 22:5 (TB)  Kata Abraham kepada kedua bujangnya itu: "Tinggallah kamu di sini dengan keledai ini; aku beserta anak ini akan pergi ke sana; kami akan sembahyang, sesudah itu kami kembali kepadamu."

3. Abraham tetap teguh dan tidak mundur sekalipun spertinya Tuhan tidak menunjukkan jalan keluar apapun. (Have strong conviction)

Kejadian 22:8 (TB)  Sahut Abraham: "Allah yang akan menyediakan anak domba untuk korban bakaran bagi-Nya, anakku." Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama.
Kejadian 22:10 (TB)  Sesudah itu Abraham mengulurkan tangannya, lalu mengambil pisau untuk menyembelih anaknya.

Ketika kita mendapatkan pesan Tuhan dalam hidup kita, sekalipun spertinya itu bertolak belakang dengan apa yg kita harapkan bahkan yg Dia janjikan, jika memang dari Tuhan
1. Just do it/lakukan saja segera
2. Speak faith/perkatakan iman. Jangan menggerutu
3. Have conviction/tetap lakukan sesuai penyataan Tuhan.

Korban di gunung di tanah moria itu adalah bayangan akan korban sejati yang akan datang, yaitu Yesus Kristus yg disalibkan di kalvari menjadi korban yang menebus manusia dari dosa, sehingga kita hidup dan sperti Abraham yang menjadi berkat bagi bangsa-bangsa demikianlah kita juga seharusnya menjadi berkat bagi banyak bangsa.

Happy Good Friday,
Stay blessed
/rs