Pages

08 April 2016

Berhenti mengandalkan diri sendiri

Berhenti mengandalkan diri sendiri


Renungan Harian - SabdaNya
Dalam kisah Yesus memberi makan 5000 orang lebih, kita akan melihat sedikit bagian yang sepetinya tidak banyak dikotbahkan.

Ayat Lukas 9:13
"Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Kamu harus memberi mereka makan!" Mereka menjawab: "Yang ada pada kami tidak lebih dari pada lima roti dan dua ikan, kecuali kalau kami pergi membeli makanan untuk semua orang banyak ini."

Tuhan Yesus berkata agar orang-orang yang telah setia mendengarkan seluruh pengajaran Tuhan Yesus diberikan makan. Respon yang seharusnya adalah setidaknya "baiklah guru", "siap, laksanakan guru" Tetapi para murid tidak berkata demikian. Mereka justru berkata "yang ada pada kami..." "kecuali..."

Mindset, fokus, dasar para murid untuk bertindak atau meresponi perintah Tuhan adalah dengan "melihat pada diri mereka sendiri" dan coba memberikan "solusi" kepada Yesus dengan berkata "kecuali."

Dan memang benar bahwa dengan melihat diri sendiri tidak akan sanggup untuk melakukan perintah Tuhan. "Yang ada pada kami" itu tidak akan pernah bisa memenuhi standar perintah Tuhan untuk memberi makan 5000 orang lebih. Sekalipun sepertinya mereka punya jalan keluar dengan berkata "kecuali...."

Maka solusinya bukanlah dengan melihat "yang ada pada kami" atau mencoba memberikan solusi kepada Yesus tetapi dengan melihat "apa yang ada pada Tuhan." Bukan pada "apa yang dapat saya lakukan" tetapi pada "apa yang Tuhan dapat lakukan melalui saya."

Ditangan kita hanyalah 5 roti dan 2 ikan tetapi dengan Tuhan menjadi makanan untuk 5000 orang lebih.

Ditangan Musa hanyalah sebuah tongkat tetapi dengan Tuhan menjadi tongkat mujizat.
Apapun yang ada di tangan anda, dengan Tuhan akan terjadi perkara-perkara yang besar.

Stay blessed,
/rs