Pages

05 April 2016

Sabar saja

Sabar menunggu (walau tak berbuat apa-apa...)

Renungan Harian - SabdaNya
Musa naik ke gunung Allah untuk menerima firman langsung dari Allah. Dari kisah ini, selain aturan-aturan yang begitu detail disampaikan, perihal lembu emas menjadi fokus banyak pembaca alkitab dan pembicara.

Ada satu ayat yang menarik dan sangat penting untuk dikaji yaitu dalan Keluaran 24:13
"Lalu bangunlah Musa dengan Yosua, abdinya, maka naiklah Musa ke atas gunung Allah itu."
Musa tidak naik seorang diri ke gunung Allah itu tetapi membawa Yosua abdinya bersamanya. Para tua-tua tinggal bersama umat israel, termasuk imam Harun.

Ketika Allah memanggil Musa untuk menerima firman-Nya, Yosua tidak ikut naik. Pada posisi ini, Yosua hanya seorang diri. Di atas ada Musa, di bawah umat Israel, tua-tua dan imam Harun.
Di atas, Musa berbicara langsung dengan Allah dan para tua-tua dan imam mengatur umat Israel. Bagaimana dengan Yosua? Tidak ada. Dia hanya seorang diri saja dan tidak ada yg dapat ia perbuat.

Bila satu hari saja Musa berbicara dengan Allah, mungkin masih mudah untuk menunggu Musa. Tetapi 40 hari menantikan Musa selesai bertemu dengan Allah, pastilah bukan hal yang mudah.
Yosua menunjukkan satu karakter yang luar biasa. Ia taat mengikuti Musa naik ke gunung bersamanya dan ia sabar menanti Musa seorang diri 40 hari dan tanpa ada tugas yg harus dikerjakan, hanya menunggu saja...40 hari.

Dampaknya... Yosua dipilih Tuhan untuk menggantikan Musa memimpin bangsa Israel masuk ke tanah perjanjian. Ketaatan, kesetiaan dan kesabaran yang teruji membawanya pada perkenanan Tuhan menjadi pemimpin yang menggantikan Musa.

Siapkah kita menanti "40 hari" sebelum akhirnya menjadi pelayan Tuhan yang "besar"

Stay blessed,
/rs