Pages

20 May 2017

Allah Yang Membuka Jalan

Renungan Harian - Tidak jarang di dalam kehidupan ini kita mengalami masa-masa yang sulit. Keadaan tertentu bisa membuat kita putus asa dan benar-benar tidak tahu harus berbuat apa. Segala usaha dan daya telah berikan dan berpikir dengan keras namun benar-benar tidak juga menemukan jalan keluar. Satu hal yang kita tidak pernah lupakan adalah kita memiliki Tuhan dan seharusnya kita selalu datang pada-Nya, bukan pada masa-masa sulit yang kita hadapi tetapi pada setiap masa di kehidupan kita ini. Tuhan adalah Tuhan yang sanggup membuka jalan bagi kita sekalipun benar-benar tidak ada jalan keluar sama sekali.

Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara. Yesaya 43:19



Tuhan bukan Tuhan yang kekurangan jalan keluar, tidak ada satu perkarapun berada diluar kuasa-Nya, Dia telah memiliki semua jalan keluar yang kita butuhkan. Firman Tuhan katakan bahwa Ia dapat membuat sesuatu yang baru bahkan jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang di belantara. Artinya sekalipun tidak logis ada jalan keluarnya, jalan keluar itu tetap dapat Ia berikan. Sungguh tiada yang mustahil bagi Dia.

Dia membuat laut terbelah sehingga bangsa Israel yang mengalami jalan buntu dapat berjalan menyebrangi laut Teberau, di luar dugaaan dan pikiran mereka, sekalipun tidak logis bagi mereka tetapi Tuhan dapat mewujudkannya. Setelah semalam-malaman Petrus tidak dapat menangkap ikan, Tuhan dapat membuat mereka menangkap sejumlah ikan yang sangat besar, di luar pikiran mereka dan di luar pengetahuan mereka sebagai penjala ikan. Tuhan sanggup membuat jalan keluar dan bukan hanya sekadar jalan keluar, jalan keluar yang Tuhan berikan melampui yang dapat kita kerjakan bahkan pikirkan.

Melalui Daud, kita melihat Tuhan dapat menaklukkan raksasa. Di gua singa, Tuhan menutup mulut para singa yang kelaparan. Paulus dan Silas yang dipenjara dapat dibuka oleh Tuhan setiap belenggu mereka. Ditengah badai ombak dan para murid menjadi ketakutan, Tuhan dapat meredakannya. Dia Tuhan yang membuka jalan dan Dia tidak berubah sampai hari ini. Tidak ada perkara yang terlalu sulit bagi Dia dan tidak ada yang tidak dapat Dia kendalikan.



Selalu memandang, berharap dan mengandalkan Tuhan atas segala sesuatu baik itu perkara yang kecil maupun perkara yang besar.