13 July 2017

Siapakah 200 juta tentara yang tertulis dalam Wahyu 9 ayat 16

sabdanya.com - Mengenai akhir zaman selalu menarik perhatian kita. Salah satu hal yang akan kita lihat adalah "apakah 200 juta tentara yang tertulis dalam Wahyu 9:16 adalah tentara China?"

Wahyu 9:15-16 Maka dilepaskanlah keempat malaikat yang telah disiapkan bagi jam dan hari, bulan dan tahun untuk membunuh sepertiga dari umat manusia. Dan jumlah tentara itu ialah dua puluh ribu laksa pasukan berkuda; aku mendengar jumlah mereka.

Melalui ayat ini, 200 juta tentara itu menghancurkan sepertiga manusia di bumi. Interpretasi umum atas ayat ini adalah: 200 juta tentara China akan menginvasi Israel

Kesimpulan ini didasarkan pada tiga hal utama
  1. Jumlah 200 juta tentara itu sesuai dengan gambaran dalam Wahyu 16:12, raja-raja dari timur. Dan malaikat yang keenam menumpahkan cawannya ke atas sungai yang besar, sungai Efrat, lalu keringlah airnya, supaya siaplah jalan bagi raja-raja yang datang dari sebelah timur. Dan malaikat yang keenam menumpahkan cawannya ke atas sungai yang besar, sungai Efrat, lalu keringlah airnya, supaya siaplah jalan bagi raja-raja yang datang dari sebelah timur.
  2. Bangsa China yang sekarang sangat memungkinkan memiliki 200 juta tentara.
  3. Senjata perang digunakan oleh tentara ini sesuai dengan gambaran perang modern yang dilihat dalam Wahyu 9:17-19 "Maka demikianlah aku melihat dalam penglihatan ini kuda-kuda dan orang-orang yang menungganginya; mereka memakai baju zirah, merah api dan biru dan kuning belerang warnanya; kepala kuda-kuda itu sama seperti kepala singa, dan dari mulutnya keluar api, dan asap dan belerang."

Oleh ketiga malapetaka ini dibunuh sepertiga dari umat manusia, yaitu oleh api, dan asap dan belerang, yang keluar dari mulutnya. Sebab kuasa kuda-kuda itu terdapat di dalam mulutnya dan di dalam ekornya. Sebab ekornya sama seperti ular; mereka berkepala dan dengan kepala mereka itu mereka mendatangkan kerusakan.

Ray Stedman mengatakan bahwa “Ayat-ayat itu menggambarkan seluruh pasukan di dunia menyerang Israel di Armageddon dengan perlengkapan senjata modern”

Tentu semua interpretasi itu memungkinkan karena perlengkapan senjata modern yang dimiliki China dengan populasi China saat ini sangat memungkinkan untuk memiliki 200 juta tentara.

Tetapi akan jauh lebih bijak untuk menerjemahkannya sebagai pasukan iblis yang menginvasi bumi selama masa kesukaran besar.

Ada lima alasan mengapa sebaiknya kita melihatnya demikian


  1. Pasukan yang dilepaskan ini adalah pada sangkakala ke enam (sangkakala kelima pasukan iblis dilepaskan, jadi sangat sesuai)
  2. Pasukan ini dipimpin oleh malaikat yang jatuh. Karena ke empat pemimpin pasukan juga adalah malaikat yang jatuh maka pastinya yang dipimpin juga adalah pasukan iblis.
  3. Ketakutan yang digambarkan dalam Wahyu 9:17-19 lebih cocok menggambarkan sebagai hal-hal supernatural dan bukan natural
  4. Contoh-contoh yang lain mendukung ini (pasukan supernatural) di dalam 2 Raja-Raja 2:11, 2 Raja-Raja 6:13-17. Dan Tuhan Yesus juga memimpin pasukan-Nya Wahyu 19:14
  5. Senjata-senjata yang dilukiskan adalah benar-benar memaksudkan senjata-senjata supernatural dan bukan senjata natural, modern.

Dengan 5 alasan tersebut, 200 juta pasukan yang dimaksudkan dalam Wahyu 9:16 bukanlah pasukan manusia (baik itu China atau negara lain) tetapi pasukan iblis yang menginvasi bumi di masa kesukaran besar.