31 July 2017

Tato Bagi Orang Percaya

sabdanya.com - Apa sih kata alkitab tentang tato? Apakah alkitab membicarakan tentang mentato bagian tubuh kita? atau hanya berupa prinsip-prinsip alkitab saja?

Kita pasti banyak bertanya-tanya apakah orang percaya boleh mentato bagian tubuhnya, apakah ini dosa atau tidak dan bagaimana bila sudah terlanjur mentato bagian tubuh kita dan masih banyak lagi pertanyaan kita perihal ini. Sejak berabad-abad sebelumnya, orang-orang Kristen dahulu telah mengatakan bahwa tato adalah dosa namun seiring perkembangan zaman, apa yang dianggap dosa bisa berubah menjadi tidak dosa, termasuk dalam hal mentato tubuh.

Saya meyakini bahwa mentato bagian tubuh adalah dosa. Untuk awalnya, cobalah kita juga bertanya kepada diri sendiri, apakah Tuhan mau saya mentato tubuh saya? Jika Tuhan mau saya mentato tubuh saya dengan gambar mawar misalnya, bukankah seharusnya Tuhan telah membuat mawar itu di bagian tubuh kita? Dan apakah dengan mentato tubuh kita, Tuhan dimuliakan atau sebaliknya? Apakah akan memberikan kesaksian yang membawa orang-orang datang kepada Tuhan atau sebaliknya?

Mari kita melihat apa yang dikatakan alkitab perihal mentato tubuh kita.

Imamat 19:28 "Janganlah kamu menggoresi tubuhmu karena orang mati dan janganlah merajah tanda-tanda pada kulitmu; Akulah Tuhan

Leviticus 19:28 "You shall not make any cuts in your body for the dead nor make any tattoo marks on yourselves: I am the Lord"



Alkitab dengan mengatakan agar kita tidak merajah tanda-tanda pada kulit kita (make any tattoo marks), bagian manapun dalam tubuh kita terlebih lagi bila itu didedikasikan untuk orang mati. 

Mentato sesungguhnya adalah kebiasaan orang-orang yang tidak percaya, orang-orang yang tidak mengenal Tuhan, para pelaku sihir, mistis dan tidak pernah menjadi bagian dari orang percaya. Hal ini dapat kita lihat di dalam 1 Raja-Raja 18:28

"Maka mereka memanggil lebih keras serta menoreh-noreh dirinya dengan pedang dan tombak, seperti kebiasaan mereka, sehingga darah bercucuran dari tubuh mereka."

"And they cried aloud and cut themselves after their custom with swords and lances, until the blood gushed out upon them.

Orang-orang yang tidak percaya, penyembah berhala mentato bagian tubuh mereka sebagai bagian dari ibadah mereka tetapi tidak pernah menjadi bagian ibadah bagi orang percaya. Dan Tuhan tidak mau kita memuliakan Dia dengan cara yang sama orang-orang penyembah berhala memuliakan allah mereka.

Ulangan 12:4 "Jangan kamu berbuat seperti itu terhadap TUHAN, Allahmu"

"Do not worship the LORD your God in the way these pagan peoples worship their gods."

Lalu bagaimana bila kita telah mentato tubuh kita sebelum mengenal Tuhan? Tuhan itu penuh kasih dan anugerah, tentu saja Ia akan mengampuni segala dosa kita termasuk mentato tubuh kita dan karena tato itu permanen dan tidak dapat dihilangkan, kita tetap layak di hadapan-Nya oleh karena kasih karunia-Nya dan dapat melayani Dia. Tetapi, bila kita sudah mengerti kebenaran ini, jangan kita mentato tubuh kita atau menambah tato tubuh kita yang sudah ditato sebelumnya saat belum menjadi orang percaya.