Pages

12 August 2017

Berakhirnya Hukum Taurat

Berakhirnya Hukum Taurat
Galatia 3:10-11

(10) Karena semua orang, yang hidup dari pekerjaan hukum Taurat, berada di bawah kutuk. Sebab ada tertulis: "Terkutuklah orang yang tidak setia melakukan segala sesuatu yang tertulis dalam kitab hukum Taurat." (11) Dan bahwa tidak ada orang yang dibenarkan di hadapan Allah karena melakukan hukum Taurat adalah jelas, karena: "Orang yang benar akan hidup oleh iman."

Sifat dari sebuah hukum yang diberlakukan adalah akibat dari pelanggaran atas hukum yang telah ditentukan. Bila disekolah seorang guru telah membuat hukum bahwa seorang murid yang terlambat akan dihukum menulis sebuah karangan 200 kata, maka ketika seorang murid datang terlambat pasti akan menerima akibat dari keterlambatannnya karena hukum mengatakan demikian. Demikian juga bila kita bekerja di kantor dan sebuah hukum yang dibuat kita langgar maka kita tidak dapat luput dari hukuman yang harus kita terima atas pelanggaran kita tersebut. Dimanapun kita, bila sebuah hukum telah dibuat maka siapapun orang yang melanggar hukum tersebut pasti akan menerima hukumannya.

Sebuah hukum taurat telah diturunkan bagi umat Tuhan Israel. Bila hukum yang dibuat manusia masih mungkin untuk tidak ditegakkan secara adil, maka Tuhan sang pengadil pasti akan menegakkan hukum yang telah dibuat tanpa ada kompromi sedikitpun. Satu catatan penting yang harus diperhatikan adalah bahwa untuk melakukan hukum taurat Tuhan haruslah dilakukan secara sempurna dan pelanggaran terhadap satu hukum itu adalah pelanggaran terhadap semua hukum yang ada. Yakobus 2:10 Sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan satu bagian dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya.




Sepanjang sejarah manusia sejak hukum taurat berlaku bagi umat manusia, tidak ada satu manusiapun yang dapat melakukan seluruh hukum itu dengan sempurna. Namun hukum yang telah dibuat itu harus tetap ditegakkan, Matius 5:18 Karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titikpun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat, sebelum semuanya terjadi. Sebab itulah Yesus datang untuk menggenapkan seluruh hukum taurat, Tuhan Yesus sebagai manusia di bumi ini telah melakukan seluruh hukum taurat dan telah menerima seluruh hukuman terhadap pelanggaran hukum taurat itu.

Sebab itulah kini kita bebas dari segala hukuman hukum taurat karena Yesus telah menggantikan posisi kita ketika Dia melakukannya di kayu salib. Yohanes 1:17 sebab hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus. Roma 3:24 dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.

Kini kita tidak lagi hidup di bawah hukum taurat tetapi di dalam hukum kasih karunia di dalam Kristus Yesus