Pages

29 August 2017

Hidup Sebagai Pemenang

Hidup Sebagai Pemenang

Firman Tuhan terambil dari Roma 8:26-30.

Dari pembacaan firman ini, kita akan renungkan beberapa kebenaran sebagai berikut yang akan menolong kita untuk menjadi pemenang.

1. Kita harus DIPENUHI oleh ROH KUDUS (26). Roh Kudus memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan orang percaya. Dalam ayat bacaan kita ini, kita jumpai salah satu peran Roh Kudus bagi orang percaya, yakni membantu kita untuk bisa berdoa tatkala kita tidak bisa berdoa karena sedang mengalami tekanan hidup yang hebat. Itu sebabnya, bila saudara rindu agar saat kita berada dalam situasi yang membuat kita tidak bisa berdoa dan Roh Kudus berdoa menggantikan kita, maka saudara harus membiarkan diri dipenuhi dan dikuasai oleh Roh Kudus.



2. Kita harus sungguh-sungguh MENGASIHI TUHAN (28)

Dalam ayat ini sangat jelas, bahwa Tuhan akan menyatakan pertolonganNya hanya kepada mereka yang mengasihi Dia, itu sebabnya jika kita rindu melihat dan mengalami pertolongan Tuhan atas setiap masalah yang kita hadapi, kita harus sungguh-sungguh mengasihi Tuhan. Orang yang mengasihi Tuhan, pasti bersedia untuk berkorban bagi Tuhan, orang sungguh-sungguh mengasihi Tuhan pasti bersedia taat kepada perintah-perintah Tuhan, oarng yang sungguh-sungguh mengasihi Tuhan pasti selalu hidup dalam ucapan syukur. Sudah saudara sungguh-sungguh mengasihi Tuhan?

3. Kita harus hidup KUDUS (27). Allah adalah Kudus, itu sebabnya Dia tidak akan bisa masuk dan tinggal pada medium yang tidak Kudus. Oleh sebab itu, bila saudara ingin agar Tuhan masuk, tinggal dan berdaulat dalam kehidupan saudara, maka saudara harus hidup kudus. Saya percaya, jika Allah tinggal didalam kita, dan kita di dalam Dia, maka kita pasti akan mengalami perkara-perkara ajaib. Yang lemah jadi kuat, yang susah pasti terhibur, yang bebrbeban berat pasti mendapat kelegaan, yang putus asa pasti mendapatkan pengharapan, yang berdosa pasti diampuni, dan lain sebagainya. Sebagai hamba Allah, saya sampaikan kepada kita sekalian bahwa meskipun alasan utama untuk memiliki hidup kudus bukan karena kita rindu mengalami perkara-perkara ajaib? Sebab, sebagai orang percaya, hidup kudus adalah merupakan sebuah prinsip yang tidak bisa dijadikan pilihan tetapi adalah sebuah keharusan. Namun, manakala kita hidup kudus maka perkara-perkara ajaib pasti selalu mewarnai akan kehidupan kita, sebab, perkara-perkara ajaib tersebuat merupakan buah dari hidup kudus.



Selamat hidup kudus dan selamat menjadi PEMENANG