Pages

04 August 2017

Kehidupan dan Kematian

sabdanya.com - Kematian adalah universal. Artinya setiap orang di seluruh belahan dunia ini akan mengalami kematian tidak perduli apapun agamanya atau sukunya. Meskipun kematian adalah universal dan pasti terjadi pada setiap orang, tidak berarti bahwa Tuhan tidak memegan kendali atas kematian. Sebaliknya, Tuhan yang menetapkan kapan seseorang itu akan mati.

Kita dapat melihat hal ini di dalam beberapa ayat ini:
Ayub 14:5 "Jikalau hari-harinya sudah pasti, dan jumlah bulannya sudah tentu pada-Mu, dan batas-batasnya sudah Kautetapkan, sehingga tidak dapat dilangkahinya,"

Kis 17:25, 26 "Allah yang telah menjadikan bumi dan segala isinya, Ia, yang adalah Tuhan atas langit dan bumi, tidak diam dalam kuil-kuil buatan tangan manusia, dan juga tidak dilayani oleh tangan manusia, seolah-olah Ia kekurangan apa-apa, karena Dialah yang memberikan hidup dan nafas dan segala sesuatu kepada semua orang."

Mazmur 139:16 "mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satupun dari padanya."

Alkitab juga mengatakan bahwa Tuhan dapat memperpendek umur seseorang dan Ia juga dapat memperpanjangnya. Kita dapat menemukan hal ini dalam beberapa ayat ini:




Mazmur 68:20 "Allah bagi kita adalah Allah yang menyelamatkan, ALLAH, Tuhanku, memberi keluputan dari maut."

Mazmur 31:15 "Masa hidupku ada dalam tangan-Mu, lepaskanlah aku dari tangan musuh-musuhku dan orang-orang yang mengejar aku!"

Yesaya 38:5 "Pergilah dan katakanlah kepada Hizkia: Beginilah firman TUHAN, Allah Daud, bapa leluhurmu: Telah Kudengar doamu dan telah Kulihat air matamu. Sesungguhnya Aku akan memperpanjang hidupmu lima belas tahun lagi,"

Daniel 5:23 "... tuanku telah memuji-muji dewa-dewa dari perak dan emas, dari tembaga, besi, kayu dan batu, yang tidak dapat melihat atau mendengar atau mengetahui, dan tidak tuanku muliakan Allah, yang menggenggam nafas tuanku dan menentukan segala jalan tuanku."

Kematian adalah "musuh" kemanusiaan, ini karena dosa yang telah merasuk semua manusia tetapi Tuhan tetap yang memegang kendali atas hidup dan mati. Berapa lama kita akan hidup di bumi semuanya telah dihitung dan ditetapkan oleh Tuhan sendiri dan Dia juga berkuasa untuk memperpendek atau memperpanjang umur setiap manusia. Dia Tuhan yang berkuasa atas kehidupan dan kematian.