22 August 2017

Kenali Dua Senjata Ampuh Iblis Ini

sabdanya.com - Firman Tuhan di dalam 1 Petrus 5:8 mengingatkan kita bahwa kita harus selalu bersiaga karena karena iblis lawan kita selalu berusaha untuk "menelan" kita

Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

Bagaimanakah iblis melawan kita? Tentu saja bukan seperti yang digambarkan di dalam film-film horror dimana setan atau iblis secara terang-terangan menyerang manusia, mereka tidak dapat melakukan hal itu; dulu tidak, hari ini pun tidak mungkin dan tidak akan pernah. Lalu bagaimanakah sebenarnya iblis melawan kita? menghancurkan hidup kita? Yohanes 8:44 menjelaskannya bagi kita demikian


Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.

Strategi iblis melawan kita adalah dengan dusta yang dia lancarkan kepada kita. Dalam hal apa dusta yang ia lancarkan?

Pertama, dengan dustanya ia membuat kita tidak mempercayai Allah/firmannya.

Kejadian 3:
(4) Tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: "Sekali-kali kamu tidak akan mati, (5) tetapi Allah mengetahui, bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka, dan kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan yang jahat."

Iblis berkata menipu Hawa dengan mengatakan "Sekali-kali kamu tidak akan mati" bila memakan buah yang tentukan itu. Padahal dengan jelas firman Tuhan jelas mengatakan "pastilah engkau mati"

Kejadian 2:
(16) Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas, (17) tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati."

Tidak hanya iblis menipu Hawa dengan mengatakan yang sebaliknya dari perkataan Tuhan, iblis juga menipu dengan "menambahkan kebenaran palsu" dengan mengatakan "kamu akan menjadi seperti Allah, tahu tentang yang baik dan jahat"

Kedua, dengan dustanya ia membuat kita tidak mempercayai diri kita di dalam Tuhan.

Musa memerintahkan 12 pengintai untuk mengintai negeri yang akan Tuhan berikan kepada mereka. Sekembalinya dari pengintaian mereka, mereka dibuat fokus untuk melihat keadaan mereka sendiri dan akhirnya mereka mengasihani diri mereka sendiri dengan melihat diri mereka sebagai bangsa yang tidak berdaya-bagai belalang di hadapan raksasa-.

Bilangan 13:
(31) Tetapi orang-orang yang pergi ke sana bersama-sama dengan dia berkata: "Kita tidak dapat maju menyerang bangsa itu, karena mereka lebih kuat dari pada kita." (32) Juga mereka menyampaikan kepada orang Israel kabar busuk tentang negeri yang diintai mereka, dengan berkata: "Negeri yang telah kami lalui untuk diintai adalah suatu negeri yang memakan penduduknya, dan semua orang yang kami lihat di sana adalah orang-orang yang tinggi-tinggi perawakannya. (33) Juga kami lihat di sana orang-orang raksasa, orang Enak yang berasal dari orang-orang raksasa, dan kami lihat diri kami seperti belalang, dan demikian juga mereka terhadap kami."

Kita harus melihat diri kita sebagaimana Tuhan melihat kita dan sesuai dengan apa firman Tuhan tentang kita. Bila kita tahu dengan baik firman Tuhan dan dengan mudah mengenali ketika perkataan iblis itu tidak sesuai dengan firman Tuhan, waspadalah bahwa iblis akan melancarkan strateginya yang kedua yaitu membuat kita tidak percaya diri kita di dalam Kristus sehingga kita tidak berjalan di jalanNya dan tidak meraih apa yang Tuhan sudah sediakan bagi kita.

Lawanlah iblis, kenakanlah selengkap senjata Allah yaitu pedang roh, firman Tuhan.

Inilah beberapa firman Tuhan yang menjelasakan "siapa kita" di dalam Dia, saya adalah ...

anak-anak Tuhan, Yoh 1:12, Ef 1:5
sahabat Tuhan, Yoh 15:15
telah dibenarkan, Rom 5:1
dipersatukan di dalam Dia, 1 Kor 6:17
telah dibeli dengan darahNya yang mahal, 1 Kor 12:27
anggota tubuh Kristus, 1 Kor 12:27
dikuduskan, Ef 1:1
memiliki akses langsung dengan Tuhan, Ef 2:18
utuh sempurna di dalam Kristus
bebas dari penghukuman, Rom 8:1,2