Pages

20 August 2017

Mengapa Tuhan Menghajar Israel atas Kesalahan Daud

sabdanya.com - Suatu negara melaksanakan sensus penduduk untuk mengetahui jumlah dan perkembangan penduduk dalam suatu periode waktu dan dengan data-data teesebut dapat dirancang pembangunan dan prasarana sesuai dengan kondisi kependudukan daerah.

Daud juga melakukan "sensus" penduduk atas Isareal.

1 Tawarikh 21:2 (TB); Lalu berkatalah Daud kepada Yoab dan kepada para pemuka rakyat: "Pergilah, hitunglah orang Israel dari Bersyeba sampai Dan, dan bawalah hasilnya kepadaku, supaya aku tahu jumlah mereka."




Bukannya bermanfaat, "sensus" penduduk yang Daud lakukan justru dipandang jahat di mata Tuhan sehingga mendatangkan tulah yang begitu hebat bagi Israel.

1 Tawarikh 21:7 (TB); Tetapi hal itu jahat di mata Allah, sebab itu dihajar-Nya orang Israel.

Mengapa hal itu begitu jahat di mata Allah sehingga Allah menghajar Israel? Allah memandang itu jahat karena Daud telah melakukan apa yang menjadi bujukan iblis.

1 Tawarikh 21:1 (TB); Iblis bangkit melawan orang Israel dan ia membujuk Daud untuk menghitung orang Israel.

Dan dengan sensus ini Daud akan "mengandalkan kekuatan" yang ada dan bukan lagi Tuhan.

1 Tawarikh 21:5 (TB); Lalu Yoab memberitahukan kepada Daud hasil pendaftaran rakyat. Di antara seluruh orang Israel ada sejuta seratus ribu orang yang dapat memegang pedang, dan orang Yehuda ada empat ratus tujuh puluh ribu orang yang dapat memegang pedang.




Kita harus berhati-hati dengan apa yang kita lakukan. Sesuatu yang spertinya baik tidaklah baik jika itu bukanlah kehendak dan perintah Tuhan. Maka kita harus semakin intim dengan Tuhan sehingga kita tahu suara siapa yang sedang berbicara kepada kita; suara Tuhan atau suara iblis.

Dan kekuatan ataupun kekuasaan yang kita miliki jangan menjadi andalan kita tetapi Tuhan Yesus yang tetap kita andalkan dan sumber kekuatan kita.