31 August 2017

Tuhan Mendengar dan Menjawab Doa

sabdanya.com - "Berbahagialah orang yang diampuni pelanggaran-pelanggarannya, dan yang ditutupi dosa-dosanya; berbahagialah manusia yang kesalahannya tidak diperhitungkan Tuhan kepadanya." Roma 4:7-8

Beberapa orang berpikir bahwa jika kita menjadi lebih “benar” dihadapan Tuhan maka Tuhan akan mendengar doa kita. Misalnya, kita terkadang percaya bahwa jika kita tidak bertengkar dengan isteri teman atau adik/kakak kita atau jika kita tidak memikirkan hal-hal yang kotor hari ini, maka Tuhan akan menjawab doa kita.



Tuhan yang baik dan penuh kasih tidaklah demikian. Dia ingin kita tahu jauh melampaui segala keraguan kita bahwa kita ini sesungguhnya selalu bisa datang ke tahta anugerahNya dengan keberanian dan memiliki keyakinan bahwa kita akan menerima kasih karunia dan anugerahNya. Ibrani 4:16 “Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya.” Demikian Ibrani 4:16 meyakinkan kita bahwa kini kita dapat datang ke tahta anugeraNya karena Tuhan telah melakukannya dikayu salib sehingga bukan karena kebenaran kita tapi karena kebenaranNya lah kita dapat datang dengan berani ke tahtaNya.

Betapapun kita ini bersalah dihadapanNya atas segala perbuatan kita, kita tidak akan pernah kehilangan kebenaran kita karena kita bukan menjadi benar karena perbuatan kita melainkan karena kita percaya kepada Yesus Kristus, dan keberananNya yang membenarkan kita. Karena segala yang telah dilakukan Yesus dikayu salib, semua dosa kita—hari ini, masa lalu maupun masa yang akan datang—telah diampuniNya. Dan Tuhan tidak pernah mengingat-ingat segala dosa dan pelanggaran kita. (Ibrani 8:12, 10:17).



Saudaraku, karena Yesus telah menerima hukuman yang seharusnya menjadi bagian kita, Tuhan tidak pernah memperhitungkan dosa kita lagi. Itu artinya, segala dosa dan pelanggaran kita tidak akan menghalangi kita dari Tuhan dan tidak membuat Tuhan tidak mendengar dan menjawab doa kita. Sehingga kita selalu bisa datang dan berlari ke tahta anugeraNya dengan berani dan menikmati hadirat dan kasihNya. Bila kita dapat menangkap kebenaran ini, kita akan menjadi bebas dan dapat selalu datang kepada Tuhan tanpa rasa takut atau tertuduh lagi. Tuhan selalu mendengar dan menjawab doa kita, karea kita telah dibenarkan didalam Yesus Kristus.

DENGAN MENGERTI BAHWA KITA DIBENARKAN KARENA YESUS KRISTUS, KITA TIDAK PERLU MERASA TAKUT DAN TERTUDUH UNTUK DATANG KEPADA BAPA.
Posted in