Pages

27 October 2017

Anda Suka Berdoa

Renungan Harian - Alkitab penuh dengan doa dan setiap tokoh di alkitab tahu benar betapa pentingnya doa itu. Khususnya Daud, dalam kitab Mazmur.

Orang berdoa untuk mendapatkan pengertian, berkat, kekuatan, kesembuhan, keluarga, arahan Tuhan, untuk orang yang belum percaya agar diselamatkan dan masih banyak lagi tujuan mereka berdoa.

Bila kita tidak berdoa, berarti kita mengandalkan diri sendiri atau meragukan bahwa Tuhan tidak sanggup sehingga tidak ingin meminta kepada Tuhan.

Sesungguhnya Tuhan itu sama dahulu dan sekarang, Ia adalah Tuhan yang selalu menjawab doa kita. Bisa saja Dia menjawab: ya, tunggu atau tidak. Apapun jawaban itu, itu adalah pasti jawaban yang terbaik untuk kita walau kita tidak mengerti.

Sebab itu tetaplah berdoa dengan bersukacita.
1 Tesalonika 5:16-18 (TB)  Bersukacitalah senantiasa. Tetaplah berdoa. Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

Berdoa juga adalah untuk hal-hal penting berikut ini:
1. BERDOA AGAR TETAP PADA JALAN KEBENARAN
Mazmur 25:4-5 (TB)  Beritahukanlah jalan-jalan-Mu kepadaku, ya TUHAN, tunjukkanlah itu kepadaku. Bawalah aku berjalan dalam kebenaran-Mu dan ajarlah aku, sebab Engkaulah Allah yang menyelamatkan aku, Engkau kunanti-nantikan sepanjang hari.

2. BERDOA AGAR DIBERIKAN KEKUATAN
Mazmur 119:28 (TB)  Jiwaku menangis karena duka hati, teguhkanlah (STRENGTHEN) aku sesuai dengan firman-Mu.

3. BERDOA UNTUK PERTOLONGAN DAN PERLINDUNGAN
Mazmur 40:13 (TB)  (40-14) Berkenanlah kiranya Engkau, ya TUHAN, untuk melepaskan aku; TUHAN, segeralah menolong aku!

4. BERDOA UNTUK KESEMBUHAN
Mazmur 6:2 (TB)  (6-3) Kasihanilah aku, TUHAN, sebab aku merana; sembuhkanlah aku, TUHAN, sebab tulang-tulangku gemetar,

5. BERDOA UNTUK PENGAMPUNAN
Mazmur 51:1-3 (TB)  Untuk pemimpin biduan. Mazmur dari Daud, (51-2) ketika nabi Natan datang kepadanya setelah ia menghampiri Batsyeba. (51-3) Kasihanilah aku, ya Allah, menurut kasih setia-Mu, hapuskanlah pelanggaranku menurut rahmat-Mu yang besar! 
(51-4) Bersihkanlah aku seluruhnya dari kesalahanku, dan tahirkanlah aku dari dosaku!
(51-5) Sebab aku sendiri sadar akan pelanggaranku, aku senantiasa bergumul dengan dosaku
.

6. BERDOA UNTUK BIMBINGAN TUHAN
Mazmur 31:3 (TB)  (31-4) Sebab Engkau bukit batuku dan pertahananku, dan oleh karena nama-Mu Engkau akan menuntun dan membimbing aku.

7. BERDOA TIDAK HANYA UNTUK MEMINTA, TETAPI BISA SAJA HANYA UNTUK BERSYUKUR DAN MEMUJI TUHAN
1 Tawarikh 29:13 (TB)  Sekarang, ya Allah kami, kami bersyukur kepada-Mu dan memuji nama-Mu yang agung itu.

Tetaplah berdoa dan
Stay blessed,