Pages

07 October 2017

Apakah Arti Nubuat

sabdanya.com - Kata nubuat (dalam bahasa Inggris prophecy) berasal dari kata Yunani prophetes (kata benda) atau propheteuo (kata kerja). 

Secara sederhana, kata ini berarti untuk berbicara atas nama Tuhan, atau menjadi mulutnya Allah, untuk menyampaikan pesan ilahi. Para nabi baik itu perjanjian lama maupun perjanjian baru dipakai Allah untuk menyampaikan kebenaran-Nya kepada manusia





Para nabi di Alkitab menyampaikan pesan masa depan dengan ketepatan 100%. Misalnya saja tentang pembuangan ke Babel, kedatangan Mesias, kedatangan Anti Kristus, dan juga akhir zaman, termasuk peristiwa lainnya yang akan terjadi. Aspek pelayanan ini juga disebut "meramalkan" masa depan namun dengan ketepatan 100%, jadi jika tidak terjadi maka itu adalah nubuat palsu. 

Para nabi dipakai Tuhan untuk menyampaikan hal-hal yang terjadi di masa depan bagi bangsa Israel.
Selain menyampaikan pesan masa depan, para nabi juga tentu menyampaikan pesan Tuhan yang memang sedang terjadi di masanya. Mereka menyampaikan pesan Tuhan yang akan terjadi pada masa itu. 






Pesan Tuhan yang disampaikan kepada generasinya selalu mendorong orang-orang untuk datang kepada kebenaran Tuhan dengan berkata "demikianlah firman Tuhan." Tujuan utama dari pesan-pesan Tuhan yang disampaikan tersebut pastinya memanggil orang untuk percaya dan tunduk kepada kehendak Tuhan.

Dimasa sekarang, nubuatan memanggil kita untuk hidup seturut dengan kehendak Tuhan dalam firman-Nya, alkitab.