02 October 2017

Apakah Yang Tuhan Evaluasi Saat Kita Menghadap Dia di Sorga

sabdanya.com - Seorang guru, selain mengajar dan membina murid-muridnya juga akan mengevaluasi seluruh aspek pembelajarannya. Bagaimana dengan Tuhan? Apakah Tuhan juga akan melakukan evaluasi terhadap kita murid-muridNya? Lalu apa yang Tuhan akan evaluasi? Pelayanan kita? Doa puasa dan persembahan kita? Jumlah jiwa-jiwa yang menjadi percaya melalui pelayanan kita? Perbuatan baik yang kita kerjakan? Atau apakah sesunggunya yang Tuhan akan evaluasi?

Dengan mudah kita dapat mengetahui standar evaluasi yang Tuhan akan lakukan bagi kita murid-muridNya. Kita dapat menemukannya di dalam perumpaan talenta.

Kepada para penerima talenta, inilah evaluasi yang Tuhan berikan





Matius 25:21 (TB)  Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.

Matius 25:23 (TB)  Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia, engkau telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara yang kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.

Kepada penerima 1 maupun 5 talenta, Tuhan mengevaluasi dengan berkata baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang setia.

Tuhan mengevaluasi perbuatan-perbuatan kita tetapi kualifikasinya bukan sekadar pada kuantitas maupun kualitas perbuatan itu melainkan pada kualitas kesetiaan kita dalam melakukannya. Bukankah kepada yang diberi dan bertanggungjawab terhadap 1 dan 5 talenta Tuhan mengatakan hal yang sama kepada mereka? Hal ini menunjukkan bahwa Tuhan melihat kesetiaan kita dalam berbuat.

Apakah yang kita perbuat selama hidup kita di bumi ini dan selama kita melayani Tuhan. Kita berdoa, bersyafaat dan berpuasa itu sungguh sangat baik. Tapi apakah kita setia melakukannya atau hanya pada musim tertentu saja? Kita aktif melayani sebagai WL, singer, usher ataupun pengkhotbah tetapi apakah kita setia melakukannya? Setia sampai akhir hidup kita, itulah evaluasi akhir dari Tuhan atas segala perbuatan kita.

Apa yang evaluasi Tuhan terhadap yang tidak setia?

Matius 25:30 (TB)  Dan campakkanlah hamba yang tidak berguna itu ke dalam kegelapan yang paling gelap. Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi."

Setialah dengan apapun yang Tuhan berikan dalam hidup kita untuk dikerjakan.