20 October 2017

Berjuang seperti seorang prajurit

sabdanya.com - 2 Timotius 2:4 (TB)  Seorang prajurit yang sedang berjuang tidak memusingkan dirinya dengan soal-soal penghidupannya, supaya dengan demikian ia berkenan kepada komandannya.

Seorang prajurit yang ingin berkenan kepada komandannya ia tidak akan memusingkan dirinya, yang dimaksudkan adalah keataatan. Kita sebagai prajurit Kristus juga harus berkenan kepada komandan kita yaitu Yesus Kristus dengan hidup dalam ketaatan sebagaimana Kristus sendiri telah menunjukkan keataatan kepada Bapa-Nya.






Berjuang berati berusaha sekuat tenaga. Pada umumnya seseorang akan berjuang sekuat tenaga untuk hal-hal yang disukai. Misalnya seorang kekasih yang berjuang sekuat tenaga untuk menjemput pasangannya yang ingin dijemput walaupun harus berjalan kaki berkilo-kilo meter. Tomas Paine berkata semakin sulit perjuanhannya semakin besar kemenangannya.
Ada tiga hal dalam kehidupan rohani kita dimana kita harus berjuang.

1. Berjuang mencapai sasaran
1 Korintus 9:26 (TB)  Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul.
Apakah yang menjadi sasaran kita? Sasaran yang kita harus kita capai bukanlah sasaran dari kita sendiri melainkan sasarannya Tuhan, yaitu menyenangkan dan memuliakan Tuhan.
1 Korintus 10:31 (TB)  Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.
2 Taw 27:5-6
Kita menjadi kuat dengan mengarahkan

2. Berjuang untuk merebut hidup kekal
1 Timotius 6:12 (TB)  Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal. Untuk itulah engkau telah dipanggil dan telah engkau ikrarkan ikrar yang benar di depan banyak saksi.

Kita yang sudah diselamatkan janganlah hanya berdiam diri tetapi juga bejuang untuk merebut jiwa-jiwa yang belum diselamatkan agar mereka juga beroleh hidup yang kekal. Lihatlah sekelilingmu dan orang-orang terdekatmu yang belum mengenal Tuhan Yesus mulailah untuk mendoakan mereka.

3. Berjuang sampai akhir
2 Timotius 4:7 (TB)  Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman.





Hidup kita ini seperti seorang atlit yang bertanding dan seorang atlit pasti akan berjuang untuk mencapai garis akhir. Hidup kita juga haruslah sampai ke garis akhir. Jangan hanya dulu sungguh-sungguh mengasihi dan melayani Tuhan tetapi sekarang sudah tidak lagi. Berjuanglah sampai akhir untuk mengasihi dan melayani Tuhan.