04 October 2017

Tipe Pendengar Firman (3 dari 4)

sabdanya.com - Tuhan Yesus menyebut tipe yang ketiga ini sebagai orang-orang yang hati dan pikirannya dengan sangat mudah dikuasai ketakutan dan kekuatiran.

Markus 4:7 (TB)  Sebagian lagi jatuh di tengah semak duri, lalu makin besarlah semak itu dan menghimpitnya sampai mati, sehingga ia tidak berbuah.
Setiap benih firman Tuhan yang ditabur pastinya akan selalu bertumbuh dan berbuah namun faktor kekuatiran membuatnya tidak dapat berbuah.

Sangat disayangkan sekali bila orang percaya menjadi kuatir karena tidak sesuai dengan istilah "orang percaya." Jika kita benar-benar orang percaya maka seharusnya memang tidak menjadi kuatir karena kalau kuatir berarti kita tidak percaya kepada-Nya.





Kita tidak percaya kepada-Nya bahwa Ia sanggup memenuhi segala kebutuhan kita menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya, kita menjadi kuatir.

Bagaimanakah kita menjadi percaya dan tidak menjadi kuatir? Bila kita sungguh-sungguh mendengarkan firman Tuhan, merenungkan dan melakukannya dalam hidup kita. Tetapi bila kita memilih untuk menjadi takut dan kuatir, maka firman yang kita dengar itu tidak bisa menolong kita untuk tetap percaya kepada-Nya.

Orang yang lebih mengikuti rasa takut dan kuatirnya dibandingkan dengan firman Tuhan yang akan menguatkan-Nya, akan lebih memilih fokus untuk memenuhi kebutuhannya dan bahkan mengejar kekayaan. Orang seperti ini akan semakin jauh dari Tuhan karena kekayaan yang akan menjadi ilahnya. Bahkan ketika mendengarkan firman, ia akan mendengarkan firman dalam konteks bagaimana diberkati dengan kekayaan dan bukan kepada pengenalan akan Tuhan yang benar dan lebih dalam.






FirmanTuhan membuat kita semakin mengenal Tuhan dan pengenalan itu membuat kita semakin percaya kepada-Nya dan kepercayaan itu mengalahkan kekuatiran sehingga kita tidak mencari kekayaan tetapi terlebih dahulu semakin mencari kerajaan Allah dan kebenaran-Nya, karena semuanya itu justru akan ditambahkan bagi kita.

Stay blessed in His word,