04 October 2017

Tipe Pendengar Firman (4 dari 4)

sabdanya.com - Tipe yang keempat disebut Yesus sebagai tipe pendengar yang baik dan yang akan bertumbuh dan berbuah dengan hasil 30 kali lipat, 60 kali lipat atau 100 kali lipat.

Markus 4:8 (TB)  Dan sebagian jatuh di tanah yang baik, ia tumbuh dengan suburnya dan berbuah, hasilnya ada yang tiga puluh kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang seratus kali lipat."

Tipe yang keempat ini disebutkan sebagai tipe pendengar yang mendengar dan menyambut firman dengan baik. Tidak ada penjelasan lain untuk tipe yang keempat ini tetapi kita akan dapat dengan mudah menyimpulkan bahwa tipe yang ini pasti tidak seperti tipe yang pertama sampai ketiga.





Tipe yang baik ini pastilah akan mendengarkan firman dengan fokus yang baik kemudian merenungkan lebih dalam lagi pemberitaan firman yang disampaikan. Tipe ini tidak akan menutup alkitab dan catatan khotbah yang ditulis melainkan akan mempelajari lebih dalam sampai mendapat pengertian dan pengenalan yang benar akan Tuhan.

Tipe yang baik ini tidak akan mudah menyerah dengan pencobaan dan penganiayaan atas firman yang didapat karena pengenalan yang benar akan Tuhan ada padanya. Tipe ini akan terus maju dan berlari bersama Tuhan melintasi segala badai dan penganiayaan.
Tipe ini tidak akan menjadi kuatir dengan segala kebutuhan hidupnya karena dengan firman itu ia menjadi percaya teguh bahwa Tuhan pasti sanggup dan meyakinkan dapat memenuhi segala kebutuhan hidupnya sehingga hidupnya bukan fokus untuk mencari harta kekayaan melainkan memuliakan Tuhan.






Tipe ini akan bertumbuh dan berbuah 30, 60 atau 100 kali lipat. Namun ini tidak boleh disikapi sebagai perkalian matematika atas apa yang kita tabur dalam hidup kita karena ini hanya berarti bahwa pertumbuhan setiap orang yang mendengar firman yang maupun respon yang sama pertumbuhan dan buahnya pasti akan berbeda-beda karena Tuhanlah yang memberi pertumbuhan, bukan kita. (1 Korintus 3:6 (TB)  Aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan.)

Selamat menikmati firman Tuhan dan pertumbuhan dari Tuhan.
Stay blessed and firmed in the Word,