15 November 2017

Hidup Bersaudara

Renungan Harian - “dan supaya dalam hal-hal ini orang jangan memperlakukan saudaranya dengan tidak baik atau memperdayakannya. Karena Tuhan adalah pembalas dari semuanya ini, seperti yang telah kami atakana dan tegaskan dahulu” kepadamu. 1 Tes 4:6

Firman Tuhan dalam Mazmur 119:9 berkata “Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.” Dengan demikian, firman Tuhan mengajarkan kepada kita bahwa sebagai orang-orang muda yang penuh dengan gairah itu perlu untuk menjaga kelakuannya tetap bersih di hadapan Tuhan. Dan apakah yang menjadi acuan dari kelakuan yang bersih itu? Maz 119:9 mengatakan bahwa harus sesuai dengan firman Tuhan.

Salah satu “kelakuan bersih” yang akan kita perhatikan dengan baik adalah apa yang dikatakan 1 Tes 4:6 bahwa kita jangan memperlakukan saudara kita dengan tidak baik atau memperdayakannya. Keseluruhan konteks dari bagian ini secara jelas berbicara tentang hubungan pria dan wanita. Firman ini mengajarkan kita untuk “berkelakuan bersih” dengan tidak memperlakukan saudara-saudara kita dengan tidak baik, tidak sopan atau memperdayakannya dengan maksud memuaskan “gairah kemudaan” kita. Kita harus memperlakukan saudara/teman-teman kita dengan penuh rasa hormat dan kesopanan karena mereka adalah gambaran/image Allah sendiri.

Sebab itu segala tindakan yang bersifat memuaskan atau mencoba-coba memenuhi keinginan seksual, tindakan tidak senonoh tidaklah dibenarkan oleh firman Tuhan. Tuhan menginginkan kita mempunyai hubungan yang kudus antara pria dan wanita sebagai saudara kekasih di dalam Tuhan Yesus. Pastinya kita tidak akan bersikap tidak senonoh kepada adik/kaka kita. Sebagaimana kita memperlakukan adik/kakak kita, demikianlah kita seharusnya memperlakukan teman lawan jenis kita.

KEPADA ADIK/KAKAK KITA, TIDAK MUNGKIN KITA MELAKUKAN TINDAKAN YANG TIDAK SENONOH. DEMIKIANLAH KITA MEMPERLAKUKAN TEMAN-TEMAN KITA