Pages

09 November 2017

PERJUMPAAN DENGAN YESUS

Renungan Harian - Ketika Yesus sampai ke tempat itu, Ia melihat ke atas dan berkata: "Zakheus, segeralah turun, sebab hari ini Aku harus menumpang di rumahmu." Lukas 19:15

Apakah yang muncul di dalam benakmu bilang engkau melihat atau berteman dengan orang kaya? Pasti kita akan berpikir bahwa kehidupannya pastilah nyaman karena dia telah memiliki segalanya dan tidak perlu mengkhawatirkan apapun juga. Semua tersedia, jadi pastilah tidak ada lagi yang kurang untuk dikhawatirkan.

Tetapi tidak demikian adanya dengan Zakheus. Dia adalah seorang pemungut cukai dan dia adalah seorang yang kaya. Semuanya telah dia miliki, tetapi ternyata di dalam dirinya dia masih merasa ada yang kurang. Walau dia tidak dapat mengerti, dia menyadari bahwa ada yang hilang di dalam dirinya. Itulah sebabnya ketika Yesus sedang melintas, dia mencoba untuk bertemu dengan Yesus. Dia tidak puas hanya mendengar tentang Yesus, dia ingin melihat Tuhan Yesus secara langsung. Karena orang banyak, dia mengalami kesulitan untuk dapat melihat dan bertemu dengan Yesus. Namun tekadnya telah bulat untuk bertemu Yesus sehingga ia tidak perduli dengan orang banyak dan juga dengan reputasinya sebagai orang kaya, dia memanjat pohon untuk dapat melihat Tuhan Yesus. Dia melupakan siapa dirinya dan image yang harus dijaganya sebagai orang kaya dan sebagai pemungut cukai, bagi dia melihat Yesus adalah yang utama.

Kerinduan hatinya mendapat respon dari Yesus. Usahanya dihargai dengan kunjungan Yesus kedalam rumahnya. Tidak hanya melihat Tuhan Yesus, Tuhan Yesus bahkan masuk kerumahnya dan makan di rumahnya. Keselamatan pun menjadi bagian yang penting bagi Zakheus dan seisi rumahnya. Zakheus tentu bahagia karena dia “Welcome home Jesus”.

Bagaimana dengan Anda? Apakah anda telah bertemu dengan Yesus? Apakah anda telah menyambut Yesus masuk di hatimu? Zakheus mengalami pertobatan dan perubahan setelah Yesus masuk ke dalam "rumah" hatinya, bagaimana dengan Anda?