Pages

06 November 2017

KESOMBONGAN

Renungan Harian - Kesombongan atau pride dalam bahasa Inggris sesungguhnya adalah salah satu dosa yang tidak disadari. Dengan cepat kita dapat berkata bahwa homseks itu dosa, membunuh terlebih lagi adalah dosa, tetapi kita berbicara tentang pride sepertinya tidak mendapatkan perhatian bahwa itupun adalah dosa. Seharusnya kita tidak bisa lupa bahwa kesombongan yang membuat lucifer itu jatuh ke dalam dosa dan dilemparkan dari sorga ke neraka. Kita juga seharusnya tidak boleh lupa bahwa Tuhan menentang orang yang sombong, orang yang meninggikan diri sendiri akan direndahkan.

Kita bisa saja jadi orang yang suka memberi, suka menolong, atau melakukan yang sukar untuk orang lain tetapi kemudian yang menjadi pertanyaannya adalah apakah kita melakukannya dengan kesombongan? Apakah kita melakukannya untuk menunjukkan siapa kita sebenarnya? bahwa kita adalah orang yang mampu, yang dapat diandalkan? atau apakah kita melakukannya agar terlihat menjadi orang yang baik? atau apakah kita mengharapkan orang lain melihat yang kita lakukan dan kemudian memuji kita?

Apakah kita melihat diri kita sebagai orang yang serba bisa dan kemudian memandang rendah orang yang memiliki sedikit kemampuan? Apakah kita menilai diri kita lebih baik dari orang lain? Apakah kita berkata bahwa bila kita yang memimpin maka semua akan jadi jauh lebih baik daripada orang lain yang memimpin? Apakah kita menilai diri kita dan membandingkan dengan orang lain berdasarkan prestasi atau bahkan harta dan kekayaan kita?

Mungkin kita tidak menyadarinya, tetapi sesungguhnya itu adalah kesombongan dan Tuhan menentang orang yang sombong. Kita harus mulai menyadari dan tidak berfokus kepada diri kita sendiri melainkan berfokus kepada Kristus. Kita tidak memuliakan diri kita sendiri tetapi memuliakan Tuhan atas segala sesuatu di dalam hidup dan diri kita.

Engkau sombong karena kecantikanmu, hikmatmu kaumusnahkan demi semarakmu. Ke bumi kau Kulempar, kepada raja-raja engkau Kuserahkan menjadi tontonan bagi matanya.
Your heart was proud and lifted up because of your beauty; you corrupted your wisdom for the sake of your splendor. I cast you to the ground; I lay you before kings, that they might gaze at you

Yehezkiel 28:17 

Pusat dari kesombongan adalah "I am the man" 
tetapi pusat dari kerendahan hati adalah "JESUS is the man"