Pages

04 November 2017

PERTUMBUHAN ROHANI

Renungan Harian - Saat kita menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan juruselamat dan oleh kuasa darah-Nya kita telah disucikan, maka pada saat itu juga proses pertumbuhan rohani langsung dimulai.

Roh Kudus mulai bekerja di dalam diri kita dan mentransformasi kita. Kita menjadi semakin seperti Kristus dan semakin tidak seperti dunia ini. Roh Kudus menolong kita untuk tidak jatuh ke dalam dosa dan menyangkal kedagingan kita.

Bertumbuh secara rohani akan memuliakan Tuhan. Tuhan akan dimuliakan karena dengan pertumbuhan rohani itu orang-orang juga akan dapat melihat betapa Tuhan bekerja di dalam diri kita. Tuhan terus membentuk kita agar semakin serupa dengan Kristus melalui berbagai hal yang terjadi dalam hidup kita. Semakin kita terus bertumbuh di dalam Kristus maka kita akan semakin ingin memuliakan Dia, kita akan semakin ingin menghormati, mengasihi dan melayani Dia dengan segenap hati dan hidup kita.

Pertumbuhan rohani kita haruslah berpusat pada Kristus. Kita harus mempercayai Kristus sepenuhnya dan terus berdoa agar kita semakin diubahkan semakin serupa Kristus. Seorang yang bertumbuh secara rohani tidaklah diukur dari seberapa banyak pengetahuan alkitabnya. Memang itu bisa juga menjadi salah satu cirinya tetapi bukanlah yang utama karena ada banyak orang yang tahu atau bahkan menguasai alkitab tetapi tidak pernah benar-benar bertumbuh dan hidupnya justru tidak sesuai dengan alkitab. Hidup mereka justru penuh dengan kesombongan, tidak mengampuni, kasar, pemarah, dan tidak ada kasih sama sekali.

Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku. Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. Yohanes 15:4-5