13 March 2018

BEBAS DARI DOSA

Renungan Harian - Katakanlah kepada orang Israel: Apabila seseorang tidak dengan sengaja berbuat dosa dalam sesuatu hal yang dilarang TUHAN dan ia memang melakukan salah satu dari padanya, maka jikalau yang berbuat dosa itu imam yang diurapi, sehingga bangsanya turut bersalah, haruslah ia mempersembahkan kepada TUHAN karena dosa yang telah diperbuatnya itu, seekor lembu jantan muda yang tidak bercela sebagai korban penghapus dosa. Imamat 4:2-3

Dosa begitu mencengkram dan menghancurkan. Dosa pasti membebani kita bahkan menjadi penghalan bagi kita untuk menerima berkat-berkat Tuhan (Yes 59:1-3). Dosa juga menggoda dan menarik kita sehingga menjadi kebiasaan-kebiasan dosa dan tampaknya sangat sulit untuk melepaskan diri darinya.

Tetapi Tuhan menyediakan jalan keluar bagi umat-Nya untuk bebas dari dosa dimana sebuah korban menjadi syarat mutlaknya. Korbah ini haruslah sebuah binatang yang tidak bercela (Im 4:2-3). Mungkin ada beberapa yang berkata saya tidak memerlukan pertolongan ini, saya bisa mengusahakan jalan keluar bagi diri saya sendiri. Saya bisa berjuang untuk hidup cukup baik dan korban seperti itu lebih pantas untuk orang-orang melakukan dosa yang berat.

Tetapi Tuhan telah menetapkan bahwa semua orang membutuhkan korban ini, benar-benar tidak ada yang terkecuali (Rom 3:23). Baik itu atas dosa yang dilakukan dengan sengaja ataupun tidak. Dosa kecil ataupun besar, semua membutuhkan korban ini.

Sampai hari ini, jalan keluar dari dosa masihlah tetap harus adanya korban. Tetapi syukur kepada Tuhan, kita bisa menjadi bebas dari dosa dan tidak perlu terus menerus mempersembahkan korban binatang yang tidak bercela karena Yesus sendiri sebagai domba Allah telah mati bagi dosa-dosa semua umat manusia dan Dia telah menjadi korban yang jauh lebih sempurna dan lebih layak di hadapan Allah daripada seekor lembu jantan muda yang tidak bercela (1 Pet 1:18-19).

Keselamatan ini tersedia bagi semua orang. Sesungguhnya inilah kabar baik bagi kita semua dan seluruh umat manusia di dunia. Sudahkah anda menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi Anda? (1 Yoh 1:9; Rom 10:9)