Pages

20 March 2018

DISESAH KARENA KASIHNYA

Renungan Harian - Lalu Pilatus mengambil Yesus dan menyuruh orang menyesah Dia. Yohanes 19:1

“Pilatus mengambil Yesus dan menyuruh orang menyesah dia.” Tampaknya kalimat ini begitu singkat dan sederhana tetapi sesungguhnya kalimat yang singkat dan sederhana ini mengandung penghukuman yang begitu mengerikan. Bangsa Romawi pada masa itu begitu ditakuti dengan penyiksaan yang dilakukan kepada para tahanan perangnya, demikian juga dengan Yesus yang sekalipun tidak ditemukan kesalahannya, Ia disesah oleh tantara Romawi yang kejam.

Mereka menyiksanya begitu rupa dengan hanya tetap membuatnya masih bernafas sampai di kayu salib. Kesakitan dan penderitaan yang tidak terbayangkan yang harus dialami Yesus. Diludahi, dicemooh, dipukuli, ditendang, diberi mahkota duri, disiksa tanpa batas manusiawi, semuanya itu Ia terima sekalipun Ia bisa saja dengan mudah memusnahkan tidak hanya tantara Romawi yang ada di Yerusalem tetapi seluruh Romawi bahkan seluruh umat manusia. Ia menerimnya hanya karena kasih-Nya akan seluruh umat manusia.

Saya dan sudara semua ada di hati dan di pikiran Yesus saat itu. Setiap pukulan, cambukan, tendangan, hajaran, atau apapun bentuk penyiksaan yang ditimpakan pada-Nya, ada saya dan saudara di hati dan pikiran-Nya.

Dia menerima semua derita itu agar saya dan saudara tidak akan menderita oleh maut karena dosa. Dia menerima semua sakit dan luka-luka di tubuh-Nya, agar oleh bilur-bilur-Nya saudara dan saya menjadi sembuh. Yesus dijatuhi hukuman bersalah sekalipun tidak sedikit bersalah, agar saudara dan saya menjadi benar dihadapan Bapa. Dia tergantung di kayu salib dan menjadi terkutuk, agar saudara dan saya mendapat berkat.