Pages

24 March 2018

FOKUS PADA HATI

Renungan Harian - Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya. Matius 5:27-28

“Jangan berzinah” berabad-abad hukum ini telah mengikat orang-orang Israel karena hukum ini merupakan gambaran dari Allah yang kudus sehingga umat-Nya juga haruslah kudus. Tetapi kemudian Tuhan Yesus mengubah fokus dari hukum ini. Dia berkata kamu telah mendengar firm “Jangan berzinah” tetapi kemudian Tuhan mengubah fokus hokum ini dari perbuatan fisik semata menjadi hati.

Pada masa itu dan juga pada masa sekarang ini, fokus manusia hanyalah apa yang tampak semata, perbuatan, dalam hal ini adalah berzinah. Manusia fokus pada apa yang tampak saja tetapi terlalu sering mengabaikan apa yang di dalam. Tuhan Yesus tidak mengubah hukum ini atau meniadakannya, tetapi justru semakin memperdalam hukum ini bahwa fokus utama bukanlah apa yang tampak yaitu berzinah melainkan hati yang bersih, kudus dan berkenan kepada Tuhan sehingga apa yang dari dalam akan meluap keluar. Artinya orang yang bersih hatinya sesuai dengan firman Tuhan tidak akan melakukan perzinahan.

Sebagai orang percaya kita harus menyadari hal ini bahwa kita harus mengubah fokus kita bukan pada apa yang tampak semata tetapi jauh lebih penting adalah apa yang didalam kita, yaitu hati kita. Hati kita ini harus dipenuhi oleh kebenaran Tuhan sehingga hati kita semakin diperbaharui seturut gambar-Nya, kekudusan dan kemuliaan-Nya sehingga apa yang menjadi perbuatan kita bukanlah perbuatan yang bercela seperti berzinah, melainkan perbuatan yang menyenangkan dan memuliakan Tuhan yaitu dengan setia pada pasangan hidup kita.