Pages

16 March 2018

KEKUATAN MEMPEROLEH KEKAYAAN

Renungan Harian - Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini. Ulangan 8:18

Sebelum bangsa Israel memasuki tanah perjanjian, Musa mengajarkan mereka pelajaran yang sangat penting bahwa Tuhan sendiri yang memberikan mereka “Kemampuan untuk memperoleh kekayaan” dan di dalam janji ini terkandung prinsip-prinsip yang begitu penting.

Dia ingin bangsa Israel menyadari bahwa mereka tidak akan bisa berhasil dengan kekuatan mereka sendiri dan mereka harus sepenuhnya bergantung kepada Tuhan. Bila mereka taat dan mempercayai Dia, Tuhan akan memberkati mereka. Secara khusus dalam konteks ini, Dia akan bertindak untuk memberkati dengan kekayaan materi.

Tetapi Musa tidak berkata bahwa mereka akan secara otomatis kaya, tetapi mengajarkan bahwa Tuhan yang akan memberikan kekuatan untuk memperoleh kekayaan. Artinya mereka juga harus tetap berusaha dan bekerja sehingga melaluinya kekuatan untuk memperoleh kekayaan itu diberikan.

Sangatlah penting bagi kita untuk mengerti kebenaran firman Tuhan ini. Tuhan memberikan kita kemampuan untuk memperoleh kekayaan. Bukan dengan sekedar karena usaha dan kemampuan kita, tetapi Tuhan. Janji-Nya ini juga benar dan berlaku bagi kita hingga hari ini.

Dan kita juga harus mengingat bahwa itu tidak berarti kita akan otomatis diberkati dengan kekayaan, kita harus tetap mengerjakan bagian kita sehingga melaluinya Ia memampukan kita untuk memperoleh kekayaan materi itu.

BERKAT TUHANLAH MENJADIKAN KAYA, SUSAH PAYAH TIDAK AKAN MENAMBAHKANNYA