23 March 2018

LEBIH DARI SUPER HERO

Renungan Harian - mereka berkata: "Hai Engkau yang mau merubuhkan Bait Suci dan mau membangunnya kembali dalam tiga hari, selamatkanlah diri-Mu jikalau Engkau Anak Allah, turunlah dari salib itu!" Mat 27:40

Dunia sangat memimpi-mimpikan dan mengidolakan super hero. Bisokop yang memutar film bertema super hero seperti Batman, Superman, dan yang kekinian adalah avenger, wonder woman dan black phanter langsung dipenuhi oleh jutaan penonton di seluruh dunia. Penonton ingin menyaksikan super power yang mereka miliki untuk menghancurkan musuh mereka dan menyelamatkan manusia. Tidak ada satupun penonton yang senang bila mereka melihat super hero mereka itu dikalahkan oleh musuh-musuhnya, mereka hanya ingin menyaksikan kemenangan demi kemenangan atas semua musuh kejahatan.

Demikian juga dengan Yesus ketika akhirnya ditangkap, disiksa sedemikian rupa dan akhirnya disalibkan. Banyak orang-orang Israel yang menjadi kecewa karena mereka sedang menanti-nantikan super hero (Mesias) yang akan membebaskan mereka dari kekuasaan Romawi. Namun kenyataannya super hero (Mesias) yang mereka harapkan justru ditangkap, disiksa dan disalibkan membuat mereka kehilangan pengharapkan akan hadirnya seorang super hero (Mesias). Sebab itulah mereka mengolok-oloknya dengan berkata “Buktikan Engkau Anak Allah!” “Selamatkanlah diri-Mu!” “Turunlah dari salib itu!” Mereka tidak memahami bahwa Yesus sedang menyelamatkan tidak hanya Israel dari kekuasaan Romawi tetapi seluruh dunia dari belenggu dosa dan kekuasaan maut.

Bagi dunia super hero haruslah selalu menang dan tidak pernah kalah, tetapi Yesus sesungguhnya lebih dari super hero dalam pandangan dunia itu. Dengan jalan salib itu, Yesus justru menang dari dari musuh yang sesungguhnya yaitu belenggu dan maut. Dengan jalan salib itu, Dia mendamaikan manusia yang sudah jatuh dan tidak layak di hadapan Bapa menjadi layak dan berkenan di hadapan Bapa. Ini justru yang terutama dibutuhkan manusia, Yesus adalah super hero sejati.