26 March 2018

MENYAMBUT YESUS SANG RAJA

Renungan Harian - Banyak orang yang menghamparkan pakaiannya di jalan, ada pula yang menyebarkan ranting-ranting hijau yang mereka ambil dari ladang. Markus 11:8

Mungkin kita tidak banyak menemukan pohon palem di sekitar kita tetapi pohon palem tumbuh sangat banyak di Israel. Pohon palem adalah simbol kemenangan, kejayaan dan kerajaan.

Ketika sejumlah besar orang melihat Yesus datang memasuki Yerusalem yang dengan rendah hati menaiki seekor keledai muda, mereka memotong ranting-ranting palem dan dihamparkan di jalan-jalan yang dilalui Yesus dengan keledai mudanya. Simbol yang digambarkan sangatlah Jesus "Inilah Raja yang berkemenagan, sang Mesia, Anak Daud."

Dan sesungguhnya apa mereka nyatakan itu sangatlah benar, Yesus adalah Raja sekalipun mahkotaNya adalah mahkota duri dan tahtaNya adalah salib tetapi itu memang adalah kemenangan sejati oleh Yesus. Tentu saja bukan kemanangan mengguling dan memulangkan kembali kekaisaran Romawi namun kemenangan atas dosa dan maut, sebuah kemenangan kekal. Dengan menanggung kesengsaraan di atas kayu salib, kematian dan kebangkitanNya, Yesus telah meraih kemenangan mutlak atas dosa dan maut dan dengan demikian terbuka dan tersedia jalan keselamatan kekal bagi setiap orang yang percaya padaNya.

Suatu hari nanti, kita yang telah menjadi percaya padaNya sebagai Tuhan dan Juruselamat akan berseru-seru padaNya. "Dan dengan suara nyaring mereka berseru: "Keselamatan bagi Allah kami yang duduk di atas takhta dan bagi Anak Domba!" Wahyu 7:10

Apakah Yesus yang disambut demikian sebagai Raja ketika memasuki Yerusalem sudah kita sambut juga dengan membuka hati padaNya dan menerimaNya segabai Tuhan dan juruselamat?