03 March 2018

PERLINDUNGAN DAN PEMBEBASAN

Renungan Harian - Oleh sebab itulah hari-hari itu disebut Purim, menurut kata pur. Oleh sebab itu jugalah, yakni karena seluruh isi surat itu dan karena apa yang dilihat mereka mengenai hal itu dan apa yang dialami mereka, orang Yahudi menerima sebagai kewajiban dan sebagai ketetapan bagi dirinya sendiri dan keturunannya dan bagi sekalian orang yang akan bergabung dengan mereka, bahwa mereka tidak akan melampaui merayakan kedua hari itu tiap-tiap tahun, menurut yang dituliskan tentang itu dan pada waktu yang ditentukan Ester 9:26-27

Pada hari raya Purim, Israel merayakan hari pembebasan ketika mereka mengalami pembuangan di Persia. Pada saat itu situasai mereka tampaknya tanpa harapan dimana sebuah dekrit telah diberikan oleh raja agar semua orang Yahudi dibinasakan.

Tetapi Tuhan memakai Ester yang berani didukung dengan hikmat dari saudaranya dan tentu saja dengan favor Tuhan, orang Yahudi dapat diselamatkan. Bahkan Mordekhai diberikan jabatan tinggi menggantikan Haman, orang yang telah merencanakan pembinasaan Yahudi itu dan yang akhirnya digantung di gantungan yang dia rencanakanan untuk Mordekhai.

Hari raya Purim menjadi hari yang khusus bagi orang-orang Yahudi di seluruh dunia untuk merayakan perlindungan dan pembebasan yang Tuhan berikan. Hal ini juga menjadi momen yang penting bagi kita orang percaya untuk tetap dan selalu mengingat bahwa Tuhan yang melindungi dan membebaskan orang-orang Yahudi dari rencana jahat Haman adalah Tuhan yang sama yang akan melindungi kita dan membebaskan dari rancangan-rancangan yang jahat.

Tuhan berjanji bahwa bila kita berseru kepada Tuhan di dalam kesesakan dan kecemasan yang menyerang kita, Ia pasti akan melepaskan kita dari kesesakaan dan kecemasan yang menimpa kita itu. (Mazmur 107:6)

Percayalah, Dialah Allah perlindungan dan pembebas kita, Dia berjanji kemenangan demi kemenangan menjadi milik kita jika kita tetap percaya pada-Nya.

God is our protector, God is our deliverer.