Pages

17 March 2018

PERLINDUNGAN SIANG DAN MALAM

Renungan Harian - TUHAN berjalan di depan mereka, pada siang hari dalam tiang awan untuk menuntun mereka di jalan, dan pada waktu malam dalam tiang api untuk menerangi mereka, sehingga mereka dapat berjalan siang dan malam. Kel 13:21

Perjalanan bangsa Israel keluar dari Mesir menuju tanah perjanjian bukanlah perjalanan yang mudah dan menyenangkan. Bukan perjalanan dimana kita dapat memandang gunung-gunung yang indah atau jalan-jalan yang mulus dan rata melainkan padang gurun yang pasti tidak bersahabat bagi mereka. Dan perjalanan mereka bukan perjalanan berlibur 2 atau 3 hari dimana kita bisa menyiapkan segala sesuatunya yang diperlukan selama perjalanan.

Tetapi disini kita dapat melihat betapa Tuhan itu adalah Tuhan yang setia, Dia bukan Tuhan yang tinggal diam atau membiarkan umat-Nya begitu saja. Tuhan hadir ditengah-tengah mereka dan memberikan perlindungan bagi mereka selama perjalanan mereka.

Pada siang hari Tuhan berjalan dalam tiang awan, memberikan kenyamanan perjalan mereka yang pastinya begitu panas di padang gurun. Pada malam hari Tuhan berjalan dalam tiang api, memberikan kenyamanan istirahat mereka sehingga mereka tetap merasakan hangat. Tidak ada waktu dalam perjalanan mereka dimana Tuhan tidak menyertai dan melindungi mereka.

Kebenaran ini juga bagi kita orang percaya. Tuhan juga berjalan memimpin kita baik itu siang maupun malam hari. Itu juga menggambarkan musim dalam kehidupan kita, baik itu musim dimana penuh kebahagiaan maupun pergumulan, Tuhan tetap ada berjalan bersama-sama kita. Tidak ada waktu dalam hidup kita dimana Tuhan tidak menyertai dan melindungi kita.

Pertolongan dan penyertaan Tuhan begitu nyata bagi umat-Nya Israel, kita harus percaya bahwa Tuhan juga setia menolong, memimpin dan menyertai kita dalam setiap musim hidup kita.