Pages

02 March 2018

PERSEMBAHAN YANG MENYENANGKAN TUHAN

Renungan Harian - Apabila kamu mempersembahkan korban keselamatan kepada TUHAN, kamu harus mempersembahkannya sedemikian, hingga TUHAN berkenan akan kamu. Imamat 19:5

Apakah Tuhan perduli dengan segala berkat materi yang telah kita terima dan akan kita persembahkan? Alkitab menyatakan bahwa Ia perduli. Fakta Alkitab menunjukkan bahwa ada persembahan yang Dia terima dan ada juga yang tidak. Tuhan memberikan ketentuan mana persembahan yang akan Ia terima dan mana yang tidak.

Dia mengajarkan kepada kita bahwa Dia perduli atas seluruh aspek dalam hal memberikan persembahan, apa yang dipersembahkan dan terlebih lagi motivasi di dalam memberikan persembahan tersebut.

Umat Tuhan harus menyadaru bahwa korban persembahan yang diberikan itu juga akan menggambarkan sikap hati si pemberi terhadap Tuhan. Ketika persembahan diberikan dengan benar, itu akan menggambarkan bahwa si pemberi itu mendengarkan, dan mentaati firman-Nya karena persembahan tersebut diberikan sesuai dengan firman-Nya. Ini adalah persembahan yang berkenan kepada-Nya dan dengan demikian juga akan menerima berkat-berkat-Nya lebih lagi.

Kita harus selalu mengingat bahwa Tuhan juga akan melihat sampai kedalaman hati kita ketika kita memberi. Tuhan Yesus sendiri memuji persembahan seorang janda yang miskin sekalipun pemberiannya sangatlah sedikit (Mark 12:41-44). Sebaliknya Ia mengkritik orang-orang yang memberi jumlah banyak namun didasarkan pada sikap hati yang sombong dan mencari perhatian orang-orang.

Beberapa orang memberi dengan dorongan hati yang memuliakan Tuhan namun beberapa orang didorong oleh tujuan pribadi yang jauh dari menghormati dan memuliakan Tuhan.

Both our gift and heart matter to God