Pages

27 March 2018

YESUS ORANG NAZARET RAJA ORANG YAHUDI

Renungan Harian - Dan Pilatus menyuruh memasang juga tulisan di atas kayu salib itu, bunyinya: "Yesus, orang Nazaret, Raja orang Yahudi." Yohanes 19:19

Ketika bangsa Romawi menyalibkan seseorang, mereka sering memberikan keterangan di kayu salib tepat di atas kepala terhukum itu. Keterangan ini disebut “titulus” yang bertujuan untuk memberitahukan setiap orang penyebab seseorang itu dihukum.

Untuk Yesus, Pilatus menuliskan titulus itu dalam 3 bahasa dengan makna yang sama yaitu dalam Aramic, Latin dan Gerika yaitu "Yesus, orang Nazaret, Raja orang Yahudi." Dengan begitu, Pilatus ingin meyakinkan bahwa semua orang dapat membacanya dalam Bahasa mereka.

Titulus itu berarti menyatakan bahwa Yesus adalah seorang pemberontak, memberontak terhadap kekaisaran Romawi tetapi Pilatus menyadari bahwa titulus itu tidak benar bahwa Yesus adalah seorang pemberontak dan bahwa sebenarnya Yesus tidak bersalah sedikitpun.

Tapi Tuhan membuatnya sebagai deklarasi surga bahwa Yesus memanglah seorang Raja atas segala raja. Tuhan bahkan telah menyatakan hal ini sejak dahulu pada zaman Musa dan Samuel (Ul 33:5 dan 1 Sam 8:7). Apa yang Pilatus tuliskan tanpa kesadaran dan pengertiannya, justru mengkonfirmasi siapa Yesus itu sesungguhnya.

Yesus, bukan hanya Raja atas orang Yahudi, bangsa Israel saja. Dia mati bukan hanya untuk mereka tetapi untuk seluruh dunia ini (Yoh 3:16), jadi Yesus juga Raja atas bangsa Indonesia, Raja atas seluruh umat manusia.

Apakah Yesus sudah menjadi Raja atas hidupmu?