Pages

22 April 2018

10 Hal Yang Dapat Dilakukan Suami Untuk Membahagiakan Isterinya

Artikel Khusus - Dalam pernikahan, suami dan isteri hidup bersama setiap hari sampai akhir hayatnya. Seringkali ketika memasuki "titik jenuh" usia pernikahan, hubungan mengalami kendala. Membangun dan menjaga hubungan tetap indah tentulah tidak mudah dan sekalipun hubungan intim suami dan isteri akan selalu memberikan sensasi yang luar biasa bagi keduanya, tetapi itu bukanlah satu-satunya hal yang dapat dilakukan agar kedekatan, keceriaan, dan kebahagian diraih bersama.

Khususnya bagi para suami, harus begitu "kreatif" untuk menciptakan suasana yang dapat dinikmati bersama terlebih lagi bila isterinya fokus mengurus rumah tangga, di rumah saja. Tentu menjadi tantangan sendiri bagi ibu rumah tangga untuk "menikmat" hari-harinya yang hanya terbatas halaman depan, ruang tamu, kamar dan dapur itu. Suami seharusnya terpanggil untuk membuat isterinya bahagia.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dipertimbangkan sebagai alternatif untuk membuat isteri menjadi bahagia dalam pernikahan yang dijalaninya.

Pertama, suami harus membiasakan diri menyediakan waktu untuk berbincang-bincang dengan isterinya setiap hari.

Bekerja di kantor, berangkat pagi hari dan pulang larut malam (khususnya di kota besar seperti Jakarta dimana kemacetan merajai jalanan sehingga menyita waktu perjalanan yang begitu banyak) tentunya akan membuat suami begitu lelah. Tetapi suami harus mengalahkan rasa lelahnya itu agar tetap dapat mempunyai waktu untuk berbincang-bincang dengan isteri terkasih. Duduk bersama di ruang tamu (matikan dulu handphone dan TV) dan mulailah perbincangan dengan hal-hal yang ringan saja (hal-hal yang berat sebaiknya dibicarakan pada saat kondisi yang baik, tidak kelelahan yang dapat memancing emosi). Dapat juga menggunakan waktu makan malam, jangan hanya fokus pada makanan, berbincang-berbincanglah juga dengannya (kecuali disepakati tidak boleh berbicara saat makan, maka harus memikirkan alternatif lain). Mulailah dengna memuji makanannya, tanyakan bagaimana dia dapat mengatur semuanya dengan sangat baik, katakan betapa luar biasanya dia dan betapa bangganya Anda pada isteri Anda.

Kedua, jangan hanya menunjukkan Anda perduli, tapi bertindaklah secara nyata.

Kita semua tahu bahwa seorang wanita memang "mempunyai kemampuan" untuk berbicara lebih banyak dibandingkan dengan pria. Wanita seorang pembicara yang ulung tetapi Pria kurang baik dalam mendengarkan. Sekalipun begitu banyak dan panjang yang disampaikan oleh isteri, janganlah tunjukkan bahwa Anda begitu bosan mendengarkannya. Dengarkanlah dengan baik dan tidak hanya mengangguk-angguk bila isteri mengatakan sesuatu tetapi bila itu membutuhkan tindaklanjut dari Anda, maka bertindaklah, lakukanlah apa yang dia katakan; seperti misalnya memperbaik wasterfel yang bermasalah, lampu yang mati dan perlu diganti, baju anak-anak yang harus dibeli untuk keperluan sekolahnya, atau apapun yang disampaikannya, suami jangan hanya mendengarkan dan mengangguk-angguk saja, tapi lakukanlah dengan baik sesuai harapannya.

Ketiga, pelukalah, ciumlah dan gandenglah dia.

Pelukan, ciuman, dan mengandeng dia bukanlah hal yang biasa-biasa. Seorang isteri begitu bahagia bila suami yang dicintainya suka memeluk, mencium dan menggandengnya saat berada di mall. Itu membuatnya merasa dicintai, dihargai, dilindungi dan itu sangat membahagiakannya. Keintiman bukannya pada saat diranjang dan melakukan hubungan sex tetapi hal-hal itu juga membangun keintiman, kedekatan dan menumbuhkan kasih dan sayang. Tetapi ingat juga bahwa pelukan dan ciuman itu bukan untuk berujung pada hubungan sex, jangan karena menginginkan hubungan sex saja, tetapi memang pernyataan cinta kasih dan lakukanlah setiap hari dan setiap saat ada kesempatan yang tepat dan baik.

Keempat, pernyataan cinta dan sayang

Pada zaman social media seperti sekarang ini sangat memudahkan kita untuk menyatakan cinta dan sayang kita kepada isteri. Kejutkanlah dia dengan kata-kata "I Love You", "I Miss You", "Love, Kiss and Hug", "Can't wait to see you soon" dan lain sebagainya. Tidak harus sebuah puisi cinta yang indah (kecuali Anda memang bisa merangkainya) tetapi kata-kata itu juga akan membuatnya bahagia, dia merasakan perhatian suaminya. Pasti isteri Anda akan menyambut Anda dengan hangat dan penuh cinta ditambah jus dan makan ringan kesukaan Anda.

Kelima, adakanlah kencan seperti sebelum menikah dulu.

Masa berkencan tentunya sangat membahagiakan, adakanlah juga hal itum jangan "menguburnya" sekalipun sekedar minum kopi berdua dan ditemani sepotong roti, itu akan sangat special bila dilakukan di sebuah cafe dibandingkan dengan melakukannya di rumah. Sebuah cafe akan memberikan nuansa tersendiri dibandingkan jika hanya di rumah saja. Aturlah waktu dan aturlah juga budget untuk melakukuannya, tidak harus mahal, yang sederhanapun akan sangat membuatnya bahagia.

Keenam, pujilah isteri Anda.

Jangan terkecoh dengan usianya yang semakin beranjak dan jangan juga terkecoh dengan kulitnya dan penampilannya yang tidak seperti dulu. Ingatlah isteri Anda adalah satu-satunya wanita tercantik yang ada di dunia ini, jadi sekalipun dia tidak selangsing dulu, tidak secantik dulu karena usia telah memakannya, itu semua tidak mengubah fakta bahwa isteri Anda tetap yang tercantik bagi Anda. Maka pujilah dia selalu, katakanlah betapa cantiknya isteri Anda, betapa indahnya pakaian yang dikenakannya - menjadi indah karena isteri Anda yang mengenakannya, dan lain sebagainya. Pujialah isteri Anda, jangan sampai suami lain yang memuji isteri Anda dan itu berbahaya jika ia justru berhasil mencuri hati isteri Anda.

Ketujuh, kerjakanlah bersama isteri Anda.

Memang pekerjaan dan perjalanan kantor sangat melelahkan. Tetapi mengerjakan sesuatu bersama isteri akan sangat membuatnya berterima kasih dan pastinya akan membuat hatinya senang. Bila Anda bisa memasak, masaklah bersamanya. Bila tidak, mungkin bisa membantu membereskan piring makan malam, menyapu atau sekedar menyiapkan tempat tidur agar anak-anak dapat tidur karena sudah larut. Apapun itu, sekecil apapun, para isteri pasti akan senang dan bahagia karena "bantuan kecil" yang kita berikan. Kedelapan, perhatikan pergumulannya dan dukunglah Suami memiliki pergumulan di kantornya, tetapi ketahuilah bahwa isteri Anda juga memiliki pergumulan. Mungkin dia sedang kuatir dengan rencana kedepan, perkembangan anak, prestasi anak di sekolah, tetangga yang "rese" atau bahkan masalah keuangan. Apapun itu, suami janganlah tinggal diam. Suami harus dapat menguatkan isteri dan menolongnya mengatasi pergumulan-pergumulan itu. jangan biarkan dia menghadapinya sendiri. Dan jika isteri Anda justru menyembunyikan semuanya itu, galilah jika Anda mencurigai ada sesuatu yang mengganggu pikiran dan hatinya. Melakukan hal ini akan membuatkan bahagia sekali karena ia semakin aman dan diyakinkan bahwa Anda ada untuk dia dan dia tidak menghadapinya sendirian.

Kesembilan, bawakan hadiah kecil Pada umumnya wanita menyukai hadiah baik itu hadiah yang "besar" maupun "kecil" sebab itu berilah dia kejutan-kejutan kecil dengan membawakannya coklat atau apapun yang ia sukai.

Perhatikanlah juga statusnya di medsos "Siang begini enaknya makan bakso yah" maka bawakanlah semangkok bakso untuknya, betapa bahagianya dia ketika anda pulang membawakannya bakso, seperti mimpi yang menjadi kenyataan (tetapi waspada juga agar tidak terlalu biasa agar tetap terjaga nuansa "kejutannya"

Kesepuluh, terbukalah pada isteri Anda Janga ada rahasia bagi isteri Anda.

Jangan rahasiakan password handphone anda, email anda dan laptop Anda. Jangan rahasiakan bila Anda memberikan uang untuk orang tua Anda atau adik Anda, bicarakanlah dengannya dan mintalah saran darinya. Ia akan sangat bahagia bila anda terbuka padanya (pastinya ia juga akan terbuka pada Anda). Terbukalah juga padanya apa yang membuat Anda bahagia hari ini dan juga apa yang membuat Anda stress. Ini akan membuat Anda semakin terhubung isteri Anda. Dengarkanlah jawabannya, saran-sarannya dan hargailah, jangan langsung berdebat dengannya (lakukan itu pada kesempatan yang lain, memang khususkan untuk membicarakan hal yang serius)