Pages

20 April 2018

DISIAPKAN UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN

Renungan Harian - Hakim-hakim 2:22 (TB) supaya dengan perantaraan bangsa-bangsa itu Aku mencobai orang Israel, apakah mereka tetap hidup menurut jalan yang ditunjukkan TUHAN, seperti yang dilakukan oleh nenek moyang mereka, atau tidak."

Ketika bangsa Israel mendekati tanah perjanjian, Tuhan tahu bahwa mereka belum siap untuk tantangan yang ada di depan. Banyak yang benar-benar tidak siap. Ada masalah yang lain dimana beberapa gagal untuk sepenuhnya taat kepada Tuhan, bersalah karena kompromi, tidak percaya dan bahkan mereka berdosa.

Ketika mereka menghadapi masa depan yang mereka rasa tidak pasti, Tuhan ingin mereka tahu bahwa Tuhan itu sesungguhnya tidak akan pernah meninggalkan mereka, tetapi bukan berarti Tuhan akan secara otomatis menghalau semua musuh-musuh mereka. Tuhan ingin lebih dulu menguji mereka sehingga mereka juga akan tahu bahwa Tuhan pasti menepati janji-Nya. Ujian itu juga untuk latihan kepada mereka, mendisiplinkan mereka dan membuat mereka siap untuk pertempuran.

Tuhan juga dapat melakukan proses yang sama dalam hidup kita seperti yang Ia lakukan terhadap bangsa Israel. Dia bisa saja menguji kita dan mendisplinkan kita sehingga kita siap dan cakap untuk menghadapi tantangan-tantangan yang akan kita hadapi dalama hidup ini. Dia juga melakukannya untuk memperkuat dan mempertajam kerohanian kita dengan menaruh kita pada situasi yang membutuhkan iman terlatih untuk menghadapi masa-masa sulit.

Ingatlah, seperti janji Tuhan kepada bangsa Israel bahwa ia tidak pernah meninggalkannya, demikian juga Ia akan selalu beserta kita saat kita menghadapi berbagai ujian dan tantanga-tantangan yang berat dalam hidup kita. Kita harus memfokuskan hati dan pikiran kita bahwa itu semua untuk melatih kita, mempersiapkan kita, membentuk kita, mempertajam kita dan menguatkan kita sehingga kita akan benar-benar terlatih dan capak menghadapi segala perkara. Seperti tantara yang selalu siap menghadapi peperangan, kita juga harus selalu bersiap untuk menghadapinya dan bukan menghidarinya. Sebab Ia setia selalu berserta kita, apapun yang akan kita hadapi akan selalu berakhir dengan kemenangan demi kemenangan.